kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45770,67   6,06   0.79%
  • EMAS888.000 0,11%
  • RD.SAHAM -0.17%
  • RD.CAMPURAN -0.05%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.12%

Menteri Keuangan era Orde Baru JB Sumarlin meninggal dunia


Kamis, 06 Februari 2020 / 17:09 WIB
Menteri Keuangan era Orde Baru JB Sumarlin meninggal dunia
Mantan Menteri Keuangan Johannes Baptista Sumarlin telah meninggal dunia hari ini, Kamis (6/2), pukul 14.00 WIB.

Reporter: Grace Olivia | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Mantan Menteri Keuangan Johannes Baptista Sumarlin telah meninggal dunia hari ini, Kamis (6/2), pukul 14.00 WIB.  Sosok yang akrab dipanggil JB Sumarlin ini menutup hayat pada usia 87 tahun di Rumah Sakit Carolus, Jakarta Pusat.

Jenazah almarhum akan disemayamkan di rumah duka MRCC Siloam, Semanggi dan menurut rencana, akan dimakamkan di San Diego  Hills pada Senin, 10 Februari 2020.

Kementerian Keuangan menyampaikan rasa duka yang mendalam atas berpulangnya Menteri Keuangan pada Kabinet Pembangunan V tersebut. 

Baca Juga: Luhut temui mantan menteri dan eks Gubernur BI

“Kami belajar banyak pada komitmen dan loyalitas beliau kepada Indonesia. Beliau tidak segan-segan terjun langsung membela tanah air sebagai anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI). Beliau pun mengalami langsung bergerilya sebagai anggota Palang Merah Indonesia (PMI) di masa revolusi fisik,” seperti ditulis Plt. Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi (KLI) Kemenkeu Nufransa Wira Sakti dalam unggahan pada laman Facebook-nya.   

Selama mengabdi sebagai bendahara negara, Nufransa menuturkan, JB Sumarlin melakukan sejumlah terobosan untuk mengatasi tantangan dan permasalahan ekonomi Indonesia. 

Baca Juga: Boediono: Bappenas tempat membentuk etos kerja

Pertama, gebrakan Sumarlin I berupa pengetatan moneter berhasil mendorong pertumbuhan ekonomi, bahkan melebihi target di tahun 1988. Kedua, gebrakan Sumarlin II di tahun 1992 mampu menurunkan laju inflasi. 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×