kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45945,59   -4,58   -0.48%
  • EMAS933.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.41%
  • RD.CAMPURAN 0.26%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.03%

Terbaru vaksin Janssen, ini 6 jenis vaksin Covid-19 yang digunakan di Indonesia


Jumat, 17 September 2021 / 20:20 WIB
Terbaru vaksin Janssen, ini 6 jenis vaksin Covid-19 yang digunakan di Indonesia

Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Hingga pertengahan September 2021, sudah ada 6 jenis vaksin Covid-19 yang tiba di Indonesia, terbaru vaksin Janssen.

Jumlah tersebut setelah kedatangan sebanyak 500.000 dosis vaksin Covid-19 produksi Johnson & Johnson atau Janssen pada Sabtu (11/9).

Kedatangan vaksin Johnson & Johnson adalah bantuan dari Pemerintah Belanda untuk membantu mempercepat cakupan vaksinasi Covid-19 di Indonesia.

Lantas, apa saja 6 jenis vaksin Covid-19 yang telah ada di Indonesia?

6 Jenis vaksin yang ada di Indonesia

Dirangkum dari laman resmi Covid19.go.id dan Jakarta Smart City, ada 6 jenis vaksin Covid-19 yang sudah tiba di Indonesia hingga Agustus 2021:

1. Sinovac

Sinovac adalah vaksin yang diproduksi perusahaan biofarmasi China, Sinovac BioTech. Vaksin bernama CoronaVac ini, merupakan tipe vaksin whole virus yang memanfaatkan virus SARS-CoV-2 nonaktif. 

Virus tersebut sudah tidak dapat menginfeksi tubuh, namun bisa memicu pembentukan imun dalam tubuh.

Vaksin Sinovac memiliki berbagai angka efikasi dari beberapa negara yang telah melakukan uji coba. Dalam uji coba di Brazil, vaksin Sinovac memiliki efikasi sekitar 50,65%. 

Di Turki, efikasi vaksin Sinovac mencapai sekitar 91,25%. Sedangkan di Indonesia, efikasi vaksin Sinovac sekitar 65,3%.

Setelah mendapatkan izin penggunaan darurat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), vaksin Sinovac mulai digunakan untuk program vaksinasi di Indonesia. 

Selain Indonesia, negara-negara lain yang sudah memesan vaksin Sinovac di antaranya Brasil, Chili, Turki, Singapura, Filipina, dan Malaysia.

Baca Juga: Catat! Ini lokasi vaksinasi Covid-19 Pfizer untuk warga non-DKI di Jakarta

2. AstraZeneca

Vaksin AstraZeneca atau Oxford-AstraZeneca adalah vaksin yang diproduksi perusahaan biofarmasi asal Inggris bersama Universitas Oxford.

Vaksin ini merupakan tipe vaksin viral vector yang memanfaatkan adenovirus simpanse (yang sudah dilemahkan sehingga tidak berbahaya), untuk mengantarkan protein spike dari Covid-19 ke dalam sel tubuh kita, sehingga memicu pembentukan antibodi.

Efikasi dari vaksin AstraZeneca berada di angka 70% secara keseluruhan. Setelah mengantongi izin penggunaan darurat dari World Health Organization (WHO), vaksin ini mulai didistribusikan dan digunakan di berbagai negara. 

Penggunaan paling banyak di benua Eropa, Afrika, serta Asia seperti Vietnam, India, Malaysia, Filipina, Taiwan, Korea Selatan, dan Indonesia.

3. Moderna

Vaksin Moderna adalah vaksin yang diproduksi perusahaan bioteknologi asal Amerika Serikat, Moderna. Vaksin Moderna adalah tipe vaksin messenger RNA (mRNA) yang menggunakan materi genetik untuk memberikan stimulus kepada sel tubuh kita agar membentuk antibodi.

Efikasi dari vaksin Moderna sekitar 95% dan telah mendapatkan izin penggunaan darurat dari United State Food and Drug Administration (FDA).

Pendistribusian dan penggunaan vaksin ini lebih banyak dilakukan di negara asalnya, Amerika Serikat. Negara lain yang menggunakan vaksin ini di antaranya Inggris, Israel, dan Singapura.

Baca Juga: Ingin Menjadi Pusat Pendanaan Korporat, Singapura Siapkan Insentif Berikut

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×