kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,96   -11,56   -1.24%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sri Mulyani Optimistis Pertumbuhan Ekonomi Indonesia di Atas 5% pada Kuartal I 2023


Selasa, 14 Maret 2023 / 20:20 WIB
Sri Mulyani Optimistis Pertumbuhan Ekonomi Indonesia di Atas 5% pada Kuartal I 2023
Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam konferensi pers APBN Kita di Jakarta, Selasa (14/3/2023).


Reporter: Siti Masitoh | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati optimistis pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal I 2023  tumbuh di kisaran 5% hingga 5,3%.

“Untuk kuartal I 2023 pertumbuhannya cukup bagus. Setidaknya bisa tumbuh 5%, meskipun kita tetap mewaspadai kinerja ekspor mengalami koreksi dari sisi level pertumbuhannya cukup tinggi,” tutur Sri Mulyani dalam konferensi pers APBN KITA, Selasa (14/3).

Meski begitu, menurut Sri Mulyani jika kinerja ekspor dan impor mengalami koreksi, biasanya neto ekspornya masih akan baik.

Baca Juga: Prospek Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Masih Kuat, Ini Pendorongnya

Selain itu, momentum puasa dan lebaran juga akan memberikan efek musiman yang berdampak positif kepada kinerja pertumbuhan ekonomi.

Adapun Sri Mulyani juga mengungkapkan, kinerja perekonomian Indonesia saat ini masih cukup kuat. Hal ini salah satunya terlihat dari pertumbuhan kredit, indeks keyakinan konsumen dan juga PMI manufaktur indonesia. 

Menurutnya, pertumbuhan kredit yang terdiri dari konsumsi, investasi, dan modal kerja mengalami pertumbuhan hingga 11,4%. Lalu, PMI manufaktur Indonesia juga berada di level ekspansif selama 18 bulan berturut-turut atau saat ini berada di level 51,2. 

Selain itu, indeks keyakinan konsumen (IKK) juga stabil ditingkat yang tinggi yakni 122,4, menunjukkan keyakinan ekonomi ke depan masih optimistis.

“Ini menggambarkan konsumen, walaupun kita terus memantau inflasi dan daya belinya masih menunjukkan suatu tingkat keyakinan. Ini hal yang cukup bagus menjelang puasa dan lebaran,” jelasnya.  

Baca Juga: Sejumlah Emiten Konglomerasi Rilis Laporan Keuangan, Mana yang Paling Moncer?

Faktor lain yang mendukung perekonomian Indonesia masih kuat di antaranya, penjualan motor roda dua yang melonjak tinggi sebesar 56,3%, jika dibandingkan dengan periode sama tahun lalu.

Menurutnya, penjualan tersebut menggambarkan suatu kondisi optimisme. sebab, masyarakat utamanya golongan menengah sudah melakukan belanja yang sifatnya tahan lama. Seperti kendaraan motor ataupun rumah.

“Ini yang akan kita jaga terus. Karena ini menjadi salah satu fondasi untuk menjaga pertumbuhan kita yang sangat baik tahun lalu yakni 5,3%,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×