kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Standard Chartered Optimistis Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Capai 5,1% pada 2023


Selasa, 14 Februari 2023 / 15:18 WIB
Standard Chartered Optimistis Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Capai 5,1% pada 2023
Suasana belanja di sebuah Supermarket di Tangerang Selatan Senin (13/02/2023). Standard Chartered Optimistis Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Capai 5,1% pada 2023.


Reporter: Bidara Pink | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Standard Chartered memperkirakan, pertumbuhan ekonomi Indonesia di tahun 2023 tumbuh 5,1% secara tahunan atau year on year (yoy). Ini lebih tinggi dari perkiraan konsensus yang sebesar 4,9% yoy. 

Ekonom Senior Standard Chartered Indonesia Aldian Taloputra menjelaskan, ini didorong oleh kondisi fundamental ekonomi dalam negeri yang baik, khususnya konsumsi rumah tangga. 

"Tingkat inflasi mereda, koreksi harga komoditas cukup moderat, dan pengeluaran terkait Pemilu akan mendorong konsumsi," tutur Aldian dalam Standard Chartered Global Focus - Economic Outlook 2023, Selasa (14/2). 

Baca Juga: Kemenkeu Sebut Realisasi Kinerja APBN 2022 Dorong Pemulihan Ekonomi Lebih Cepat

Selain konsumsi rumah tangga, Aldian optimistis prospek pembentukan modal tetap bruto (PMTB) atau investasi juga akan moncer pada tahun ini. 

Didukung oleh investasi asing langsung atau foreign direct investment (FDI) di industri pengolahan mineral dan investasi publik di bidang infrastruktur. 

"Ini akan terus mendukung peningkatan investasi," jelas Aldian. 

Likuiditas dalam negeri juga cukup. Sehingga, ini akan memperlambat transmisi kebijakan moneter dan meredam dampak negatif dari kebijakan moneter yang ketat terhadap perekonomian. 

Baca Juga: Ekonom Ramal Neraca Perdagangan Januari 2023 Surplus US$ 2,99 Miliar

Dalam kesempatan yang sama, Cluster CEO Indonesia dan ASEAN Markets Andrew Chia mengatakan salah satu sumber pertumbuhan ekonomi Indoensia adalah digitalisasi dan ekonomi berkelanjutan. 

"Kami bersemangat melihat potensi berlanjutnya pertumbuhan ekonomi indonesia seiring fokus pemerintah Indonesia untuk mempercepat aspek digitalisasi dan keberlanjutan," tandas Chia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×