kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.011,93   0,30   0.03%
  • EMAS957.000 -0,52%
  • RD.SAHAM -1.07%
  • RD.CAMPURAN -0.35%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.08%

Mendag Klaim Harga Minyak Goreng Curah Berangsur Turun Mendekati HET


Minggu, 17 Juli 2022 / 08:08 WIB
Mendag Klaim Harga Minyak Goreng Curah Berangsur Turun Mendekati HET
ILUSTRASI. Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan yang mengklaim harga minyak gireng mulai curah


Reporter: Lailatul Anisah | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengklaim harga minyak goreng curah berangsur turun mendekati HET minyak goreng curah yaitu Rp. 14.000 per liter atau Rp. 15.500 per kg.

Mendag Zulhas mengatakan, penurunan ini merupakan hasil dari sinergi pemerintah pusat dan daerah dalam menjaga stabilitas harga pangan khususnya minyak goreng.

“Ini merupakan kabar baik. Upaya konkret pemerintah pusat bersinergi dengan pemerintah daerah dalam menjaga stabilitas harga minyak goreng telah membuahkan hasil,” ujar Mendag Zulhas dalam keterangan yang diterima Kontan.co.id, Sabtu (16/7).

Berdasarkan pantauan harian pada Sistem Pemantauan Pasar Kebutuhan Pokok (SP2KP) Kementerian Perdagangan, harga minyak goreng curah di tingkat nasional mengalami penurunan. Pada 16 Juli 2022, harga rata-rata minyak goreng curah tercatat sebesar Rp 15.200 per liter, turun 2,56% dibandingkan 8 Juli 2022 yang tercatat sebesar Rp 15.614 per liter.

Mendag Zulhas menyebut, untuk mengoptimalkan distribusi minyak goreng melalui skema Domestic Market Obligation (DMO), Pemerintah Pusat akan memperluas cakupan pendistribusian minyak goreng curah kemasan rakyat ke seluruh wilayah Indonesia.

Baca Juga: PAN Bantah Zulhas Menggunakan Program Pemerintah untuk Kepentingan Pribadi

Minyak goreng tersebut harus menggunakan merek ‘Minyakita’ dan mencantumkan harga eceran tertinggi (HET) sebesar Rp14.000/liter.

Sebelumnya, Kementerian Perdagangan telah melakukan peluncuran program minyak goreng kemasan rakyat dengan merek ‘Minyakita’ pada hari Rabu, (6/7) lalu. Program tersebut menjadi salah satu solusi biaya pengemasan yang harus dikeluarkan oleh pedagang pengecer kepada konsumen.

“Oleh karena itu, diharapkan dalam satu bulan ini program sudah menjangkau terutama wilayah Indonesia Timur sehingga HET minyak goreng curah di seluruh Indonesia dapat segera tercapai,” imbuh Mendag Zulhas.

Mendag Zulhas turut mengajak seluruh perangkat daerah di seluruh provinsi di Indonesia untuk memastikan keberlanjutan kebijakan yang telah ditetapkan pemerintah pusat.

“Salah satunya, menjaga kelancaran pelaksanaan penyaluran minyak goreng curah dengan harga Rp 14.000 per liter dan memantau kebijakan harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit,” tutupnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Digital Marketing in New Normal Era The Science of Sales Management

[X]
×