kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,11   -0,67   -0.07%
  • EMAS951.000 -0,21%
  • RD.SAHAM 1.12%
  • RD.CAMPURAN 0.52%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.07%

Kabar baik, subsidi upah gelombang 2 cair November dan Desember


Kamis, 22 Oktober 2020 / 04:07 WIB
Kabar baik, subsidi upah gelombang 2 cair November dan Desember
ILUSTRASI. Ketua Satgas Budi Gunadi Sadikin mengatakan, bantuan subsidi upah dari pemerintah untuk karyawan yang berpenghasilan di bawah Rp 5 juta gelombang 2 akan segera dicairkan. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/pras.


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kabar yang dinanti-nanti akhirnya datang. Bantuan subsidi upah dari pemerintah untuk karyawan yang berpenghasilan di bawah Rp 5 juta gelombang 2 akan segera dicairkan. Hal itu disampaikan Ketua Satuan Tugas (Satgas) Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Budi Gunadi Sadikin dalam keterangan persnya lewat kanal YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (21/10/2020). 

Menurut Budi, program subsidi upah gelombang 2 akan disalurkan bulan November dan Desember. "Tapi untuk informasi saja, saat ini masih ada sebagian yang akan disalurkan sampai akhir Oktober ini. Akan tetapi itu termasuk (subsidi upah) gelombang pertama," jelas Budi. 

Dia menambahkan, jika penyaluran subsidi gelombang pertama selesai, pemerintah akan melanjutkan untuk mencairkan penyaluran bantuan subsidi upah gelombang kedua pada awal November. 

Pencairan subsidi upah gelombang pertama yang diterima para karyawan yang bergaji di bawah Rp 5 juta sebesar Rp 1,2 juta. Pada gelombang kedua, para karyawan juga akan menerima bantuan subsidi upah dengan nilai yang sama, sebesar Rp 1,2 juta. Itu artinya, total bantuan subsidi upah yang diterima karyawan bergaji di bawah 5 juta sebesar Rp 2,4 juta. 

Baca Juga: Kemnaker akui masih banyak pekerja belum terima subsidi gaji, ini sebabnya

Informasi saja, BPJS Ketenagakerjaan sudah menyerahkan total 12,41 juta data calon penerima bantuan subsidi gaji/upah (BSU) kepada Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker). Total data yang diserahkan ini mencapai 79% dari target calon penerima BSU sebanyak 15,7 juta pekerja.

Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Agus Susanto menerangkan, data tersebut sudah diserahkan secara bertahap, mulai dari gelombang 1 hingga gelombang 5.

Baca Juga: Hingga 19 Oktober, Kemenaker telah salurkan subsidi gaji kepada 12,16 juta pekerja

Data gelombang pertama diserahkan pada 24 Agustus 2020 sebanyak 2,5 juta data, gelombang 2 pada 1 September sebanyak 3 juta data, gelombang ketiga pada 8 September sebanyak 3,5 juta, gelombang keempat pada 16 September sebanyak 2,8 juta.

"Batch kelima kita lakukan dua kali, tanggal 29 ini sebanyak 578.230, jumlahnya semakin sedikit, dan kemarin hari terakhir tanggal 30 September batch kelima susulan sebanyak 40.358. Sehingga total data yang sudah kita serahkan sebanyak 12,41 juta," kata Agus dalam konferensi pers, Kamis (1/10).

 

Selanjutnya: Tersisa 2 bulan lagi, anggaran PEN baru terserap 49,5%

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×