kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Hari ini, lima bank sentral di dunia kompak umumkan kebijakan suku bunga acuan


Kamis, 19 September 2019 / 13:14 WIB

Hari ini, lima bank sentral di dunia kompak umumkan kebijakan suku bunga acuan
ILUSTRASI. Gedung Federal Reserve


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Hari ini setidaknya lima bank sentral di dunia mengumumkan kebijakan suku bunga acuannya. Di tengah perlambatan ekonomi global, bank sentral di dunia diproyeksi akan mengambil maupun melanjutkan kebijakan moneter yang akomodatif. 

Berdasarkan catatan Kontan.co.id, hari ini, Kamis (19/9), lima bank sentral yang mengumumkan kebijakan suku bunga acuan yaitu Bank Sentral Amerika Serikat (The Fed), Bank Sentral Jepang (BoJ), Bank Sentral Inggris (BoE), dan Otoritas Moneter Hong Kong (HKMA). 

Baca Juga: The Fed pangkas suku bunga lagi, ini respons Menkeu Sri Mulyani

The Fed pada dini hari tadi telah lebih dulu mengumumkan kebijakan suku bunganya atau Fed Fund Rate yaitu turun 25 basis poin (bps) menjadi 1,75%-2%. Ini merupakan pemangkasan FFR yang kedua kali sepanjang tahun ini. 

Menyusul kemudian BoJ mengumumkan untuk mempertahankan kebijakan suku bunganya (short-term interest rate) pada level minus 0,1%. Namun, bank sentral Negeri Sakura tersebut mewaspadai kemungkinan tidak tercapainya target inflasi pada level 2% di tahun ini. 

Mengikuti jejak The Fed. Bank sentral Hong Kong hari ini juga memangkas suku bunga acuan sebesar 25 bps menjadi 2,25%. Aksi demonstrasi masif yang berlangsung selama berbulan-bulan menjadi sumber risiko baru bagi perekonomian Hong Kong, mendorong modal keluar dan melemahkan sejumlah indikator ekonomi negara tersebut. 

Selanjutnya, Bank Indonesia juga akan mengumumkan kebijakan moneter terbaru pada siang ini. Gubernur BI Perry Warjiyo diprediksi akan kembali memotong suku bunga acuan sebesar 25 bps, mengikuti keputusan The Fed. 

Baca Juga: Mayoritas bursa Asia menguat setelah pemangkasan suku bunga The Fed


Reporter: Grace Olivia
Editor: Tendi

Video Pilihan


Close [X]
×