kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Berlaku Penuh pada 2024, Ini Keuntungan Integrasi NIK-NPWP


Kamis, 02 November 2023 / 17:35 WIB
Berlaku Penuh pada 2024, Ini Keuntungan Integrasi NIK-NPWP
ILUSTRASI. Format Baru NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak). Berlaku Penuh pada 2024, Ini Keuntungan Integrasi NIK-NPWP


Reporter: Dendi Siswanto | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID-JAKARTA. Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengimbau wajib pajak untuk segera melakukan pemadanan Nomor Induk Kependudukan (NIK) menjadi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

Pengamat Pajak Center for Indonesia Taxation Analysis (CITA) Fajry Akbar mengatakan, sebetulnya tidak ada kerugian bagi wajib pajak lewat program pemadanan NIK dengan NPWP.

Justru kata Fajry, pemadanan NIK menjadi NPWP ini merupakan salah satu langkah mendukung kebijakan satu data Indonesia atau Single Identity Number (SIN). Di sisi lain, pemadanan NIK-NPWP ini akan memberikan kemudahan bagi wajib pajak yang ujungnya juga meningkatkan kepatuhan.

Baca Juga: NIK Jadi NPWP, DPR RI Ingatkan Soal Keamanan Data

"Kalau sudah ada SIN, tentu akan berikan kemudahan bagi wajib pajak. Integrasi ini juga memberikan kemudahan, contohnya di perbankan. Harusnya tak perlu punya atau informasikan NPWP lagi. Cukup NIK," ujar Fajry kepada Kontan.co.id, Kamis (2/11).

Sementara bagi DJP sendiri, pemadanan NIK menjadi NPWP ini akan banyak sekali memberi manfaat, terutama terkait penggalian data dari pihak ketiga atau yang sering disebut ILAP (Instasi Pemerintah, Lembaga, Asosiasi, dan Pihak Lain). Apalagi, sejauh ini semua administrasi lebih sering menggunakan data NIK dibandingkan NPWP.

"Ini seharusnya akan sangat membantu sekali dalam membangun basis data core tax system. Artinya, integrasi ini akan sangat bermanfaat sekali bagi modernisasi administasi pajak DJP," katanya.

Baca Juga: Ketika NIK Jadi NPWP Haruskah Semua Orang Bayar Pajak? Ini Penjelasan Ditjen Pajak

Direktur Eksekutif Pratama-Kreston Tax Research Institute (TRI) Prianto Budi Saptono menyebut, integrasi NIK menjadi NPWP akan membuat otoritas pajak lebih mudah dalam melakukan pengawasan kepatuhan pajak.




TERBARU

[X]
×