CLOSE [X]
kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

PUKAT UGM dan ICW minta pansel pilih calon pimpinan KPK yang berani dan berintegritas


Minggu, 19 Mei 2019 / 19:53 WIB

PUKAT UGM dan ICW minta pansel pilih calon pimpinan KPK yang berani dan berintegritas


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menjelang masa akhir jabatan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Pemerintah memutuskan untuk membentuk panitia seleksi calon pimpinan KPK. Berbagai stakeholder terkait berharap pimpinan KPK yang baru memiliki keberanian mengusut tuntas kasus – kasus korupsi.

Ketua Pusat Kajian Anti Korupsi (Pukat) Universitas Gadjah Mada (UGM) Oce Madril bilang, pimpinan KPK periode mendatang mesti dimiliki dua kriteria utama yakni integritas dan keberanian.

“Kriteria yang paling penting sebenarnya dua saja. Pertama, bersih secara integritas kemudian yang kedua berani. Jadi dua kriteria itulah yang paling penting,” kata Oce, Minggu (19/5).

Ia mengatakan, pimpinan mesti memiliki integritas yang baik karena KPK membutuhkan figur – figur yang tidak bermasalah dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

“Berdasarkan evaluasi selama ini Kami melihat di beberapa periode KPK, ada pimpinan KPK yang memiliki catatan integritas. Itu yang membuat dia menjadi tidak efektif bekerja,” ucap dia.

Selain itu, lanjut Oce, pimpinan KPK harus berani. Menurutnya, percuma jika pimpinan KPK memiliki kewenangan yang kuat tetapi tidak digunakan untuk memberantas korupsi.

“Jadi kalau pimpinan yang akan datang tidak berani maka percuma saja jadi pimpinan KPK. Lebih baik nggak usah mendaftar,” ungkap dia

Oce menyatakan, tidak adanya keberanian pimpinan KPK membuat KPK saat ini memiliki banyak tanggungan kasus yang belum terselesaikan.

Tidak hanya itu, Ia mengatakan, kurangnya faktor keberanian ini juga yang menyebabkan terjadinya friksi – friksi internal KPK.

“Friksi – friksi itu terjadi karena pimpinan KPK tidak berani yang kemudian melahirkan sikap tidak tegas, plin – plan,” ucap dia.

Terkait pengetahuan dan keahlian, Oce meyakini orang – orang yang mendaftar menjadi pimpinan KPK memiliki pengetahuan yang baik.

Namun yang mesti ditekankan, para pendaftar yang nantinya berkemungkinan menjadi pimpinan KPK mesti memiliki integritas dan keberanian dalam memberantas korupsi.

Sementara itu Peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) Kurnia Ramadhana menilai, pimpinan KPK ke depannya mesti memiliki lima aspek utama.

Pertama, pimpinan KPK harus mempunyai visi yang jelas mengenai pemberantasan korupsi dan calon pimpinan yang terpilih mesti menjelaskan rencana kerja KPK 4 tahun ke depan.

“Persoalan korupsi bukan hanya soal memidana seseorang, akan tetapi ada persoalan penting yang hari ini rasanya terlewatkan oleh KPK yaitu aset recovery,” ucap dia.

Kedua, pimpinan KPK ke depan juga harus bisa menata internal KPK sendiri. Sebab, seperti diketahui dalam kurun waktu 4 tahun belakangan ini banyak perdebatan dan friksi di internal KPK.

“Kita menilai pimpinan KPK saat ini itu tidak begitu mampu untuk mengontrol internalnya,” terang dia.

Ketiga, Pimpinan KPK harus memiliki integritas yang baik atau yang bersangkutan tidak pernah melanggar hukum. Selain itu, jika calon pimpinan berasal dari instansi tertentu mesti dilihat calon pimpinan itu pernah melanggar etik atau tidak.

“Kalau di antara dua ini ternyata ada di dalam salah satu calon pimpinan KPK maka sewajarnya pansel harus menolak calon ini masuk dalam tahapan selanjutnya,” ungkap dia.

Keempat, ICW meminta calon pimpinan KPK memiliki pengetahuan yang cakap dan tidak bertujuan memimpin KPK hanya untuk mendapatkan pekerjaan.

“Kita tidak berharap adanya jobseeker di calon pimpinan KPK ini,” tutur dia.

Kelima, ICW meminta pimpinan KPK nantinya harus mampu menjalin komunikasi dengan publik dengan baik.

“Harus ada komunikasi yang baik dengan publik karena kita catat beberapa kali pimpinan KPK ini tidak mampu secara utuh berkomunikasi dengan publik. Banyak pernyataan – pernyataan dari pimpinan KPK yang saya rasa itu bernilai kontroversial,” ujar dia.


Reporter: Vendi Yhulia Susanto
Video Pilihan

Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2019 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0013 || diagnostic_api_kanan = 0.0007 || diagnostic_web = 0.1757

Close [X]
×