kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45916,25   -4,93   -0.53%
  • EMAS961.000 0,42%
  • RD.SAHAM 0.08%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.03%

Kepolisian tindak 18 kasus terkait APD, ini berbagai modus yang digunakan


Kamis, 09 April 2020 / 12:59 WIB
Kepolisian tindak 18 kasus terkait APD, ini berbagai modus yang digunakan
ILUSTRASI. Petugas medis memeriksa kesiapan alat di ruang ICU Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Senin (23/3/2020).


Reporter: Abdul Basith | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Kepolisian Republik Indonesia (Polri) telah menindak 18 kasus terkait Alat Pelindung Diri (APD) selama masa pandemi virus corona (Covid-19).

Selama pandemi, Polri menggelar operasi khusus. Termasuk menangani kasus yang terkait dengan pelanggaran dalam penjualan APD.

"Ada 18 kasus yang bertautan dengan alat kesehatan," ujar Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Asep Adi Saputra saat memberikan keterangan pers di Kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kamis (9/4).

Baca Juga: Ini isi surat terbuka koordinasi respon global penangananan virus corona untuk G20

Terdapat berbagai modus yang dilakukan dalam kasus terkait alat kesehatan tersebut. Antara lain adalah memainkan harga, menimbun alat, menghalangi dan menghambat jalur distribusi logistik kesehatan, serta memproduksi dan mengedarkan alat kesehatan tanpa izin edar.

Oleh karena itu, Polri mengimbau agar pelaku usaha memerhatikan ketentuan dalam produksi APD. Termasuk juga dalam distribusi APD.

"Pelaku usaha yang produksi atau distribusi harus mengikuti aturan perundangan-undangan yang ada," terang Asep.

Baca Juga: Ramai-ramai menangkal corona, GT Man dan Rider menjual masker non-medis

APD menjadi hal yang penting dalam penanganan Covid-19. Terutama bagi tenaga kesehatan sebagai perlindungan dari penularan Covid-19.

Kebutuhan akan APD tinggi mengingat saat ini penambahan kasus positif Covid-19 di Indonesia yang tinggi. Sementara ketersediaan APD saat ini masih terbatas.

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



Corporate Valuation Model Investment Appraisal Model & Presentation

[X]
×