Reporter: Shintia Rahma Islamiati | Editor: Yudho Winarto
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Shinta W. Kamdani menyatakan bahwa Indonesia masih memiliki peluang untuk menekan tarif ekspor ke Amerika Serikat (AS), yang saat ini dikenakan tarif dasar sebesar 19%.
Menurut Shinta, peluang itu dapat dimanfaatkan melalui strategi negosiasi yang terukur dan perluasan pasar ekspor sebagai langkah menjaga daya saing produk Indonesia di tengah ketidakpastian kebijakan perdagangan global.
Baca Juga: Investasi Tumbuh, PHK Naik: Industri Tekstil Terancam Deindustrialisasi
"Peluang masih terbuka selama Indonesia dan AS belum menandatangani perjanjian yang lebih rinci. Kami mendorong agar produk-produk yang tidak diproduksi di AS seperti sawit, kopi, kakao, dan rempah-rempah bisa mendapatkan tarif preferensial," ujarnya kepada Kontan.co.id, Kamis (31/7/2025).
Selain komoditas mentah, Apindo juga mendorong agar produk manufaktur padat karya masuk dalam daftar prioritas negosiasi tarif rendah, mengingat sektor ini berkontribusi besar terhadap penciptaan lapangan kerja.
Shinta menambahkan, tarif tinggi berpotensi menekan daya saing sektor-sektor yang bergantung pada pasar AS seperti tekstil, furnitur, dan perikanan.
"Kalau tarif kita lebih tinggi dari negara lain seperti Vietnam atau India, maka produk Indonesia akan kalah bersaing. Tapi jika lebih rendah, justru ada peluang pasar yang bisa dimaksimalkan," ujarnya.
Baca Juga: Pembelian Emas oleh Konsumen Akhir Bebas Pajak Per Hari Ini, Sudah Tahu?
Menariknya, menurut perhitungan Dewan Ekonomi Nasional, kebijakan tarif 19% justru dinilai dapat menciptakan hingga 1,9 juta lapangan kerja baru dan mendorong pertumbuhan ekonomi sebesar 0,5%.
Namun Shinta menekankan pentingnya tetap menjaga keseimbangan antara perlindungan dan akses pasar.
Selain pasar AS, Apindo juga mendorong diversifikasi ekspor ke kawasan potensial lain. Salah satunya adalah Uni Eropa melalui Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Uni Eropa (IEU-CEPA) yang kini dalam tahap finalisasi.
"Potensi nilai perdagangan Indonesia-Uni Eropa bisa melonjak dari US$ 17 miliar menjadi US$ 60 miliar dalam beberapa tahun ke depan," ujarnya.
Baca Juga: Tarif Ekspor ke AS Masih Tinggi, Apindo Desak Reformasi Iklim Usaha Domestik
Apindo juga mengidentifikasi pasar non-tradisional seperti Brasil, Mesir, dan Afrika Selatan sebagai peluang baru yang perlu digarap untuk memperkuat posisi ekspor nasional.
Selanjutnya: Investasi Tumbuh, PHK Naik: Industri Tekstil Terancam Deindustrialisasi
Menarik Dibaca: Jelang Maybank Marathon 2025, Ini Cara Jaga Ritme dan Kuatkan Mental!
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News