kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45987,90   -2,03   -0.21%
  • EMAS1.164.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ada SPHP, Harga Beras di Pasar Induk Beras Cipinang Turun 11%


Rabu, 04 Oktober 2023 / 14:38 WIB
Ada SPHP, Harga Beras di Pasar Induk Beras Cipinang Turun 11%
ILUSTRASI. Harga beras di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC) jenis medium sudah mulai turun.


Reporter: Lailatul Anisah | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga beras di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC) jenis medium sudah mulai turun. Direktur utama PT Food Station Tjipinang Jaya, Pamrihadi Wiraryo menyebut, penurunan harga beras mencapai 11 % menjadi Rp 11.185/kg.

Penurunan ini terjadi secara bertahap sejak Perum Bulog menggelontorkan beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) mulai awal September lalu.

"Jadi seiring penambahan stok harga (beras medium) menurun 11% dari Rp 12.600/kg menjadi 11.185/kg per hari ini," kata Pamrihadi saat dijumpai di PIBC, Jakarta Timur, Rabu (4/10).

Ia juga bilang, saat ini stok beras SPHP di gudang Food Station mulai terisi dan sudah mencapai 31.000 ton untuk selanjutnya didistribusikan ke pedagang atau pengecer.

Baca Juga: Bansos Beras Diusulkan untuk Diperpanjang Sampai Februari 2024

Direktur Utama PT Food Station Tjipinang Jaya, Pamrihadi Wiraryo di Pasar Induk Beras Cipinang.

Pamrihadi menyebut pada minggu ini pendistribusian dari Food Station Tjipinang Jaya akan mulai disebar keluar Jakarta yaitu Bogor, Depok, Tanggerang dan Bekasi (Bodetabek) bekerja sama dengan pemerintah setempat.

Dengan percepatan distribusi ini ia mengharapkan penurunan harga beras sampai level Harga Eceran Tertinggi (HET) bisa terealisasi dalam waktu dekat.

"Harapannya kita kembali ke harga normal, dan masyarakat bisa mendapatkan harga terjangkau," kata Primhadi.

Sementara itu, Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas), Arief Prasetyo Adi mengatakan gelontoran beras SPHP akan terus dilakukan untuk menekan harga beras hingga mencapai keseimbangan baru.

"Saat ini harga beras di PIBC sudah mengalami penurunan, sehingga kita berharap harga beras di pasar penurunan juga terus terkoreksi dan stabilitas harga dapat tercapai," jelas Arief.

Baca Juga: Badan Pangan Nasional Tegaskan HET Beras Tak akan Dicabut

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×