kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 2.664.000   -6.000   -0,22%
  • USD/IDR 17.765   12,00   0,07%
  • IDX 6.600   74,46   1,14%
  • KOMPAS100 864   11,98   1,41%
  • LQ45 654   10,59   1,64%
  • ISSI 230   0,99   0,43%
  • IDX30 366   6,01   1,67%
  • IDXHIDIV20 452   8,85   2,00%
  • IDX80 98   1,48   1,52%
  • IDXV30 125   1,21   0,98%
  • IDXQ30 117   2,14   1,86%

Purnomo: Pertamina Harusnya Bisa Akses Data Natuna D Alpha


Kamis, 11 Desember 2008 / 09:04 WIB


Reporter: Gentur Putro Jati | Editor: Didi Rhoseno Ardi

JAKARTA. Menteri Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM) Purnomo Yusgiantoro bilang seharusnya PT Pertamina (Persero) bisa mengakses data apa pun yang dimiliki ExxonMobil Oil Indonesia tentang Blok Natuna D Alpha. Pasalnya berdasarkan Production Sharing Contract (PSC) terakhir, Pertamina memiliki Participating Interest (PI) di Natuna sebesar 24%.

"Kalau mereka punya PI berati mereka punya data. Masak yang punya saham enggak bisa akses data?," tanya Purnomo, Rabu (10/12) malam. Namun, Purnomo kembali mempertanyakan esensi dari data tersebut. Pasalnya sejak diberikan kontrak mulai tahun 1985 yang lalu, ExxonMobil baru sampai tahap eksplorasi.

"Datanya mau sekomplit apa, kan itu masih eksplorasi. Lapangannya masih eksplorasi. Kalau perusahaan itu menemukan cadangan untuk menentukan cadangan terbuktinya kan harus ada drilling. Exxon belum sampai situ," tandas Purnomo.

Purnomo pun menegaskan bahwa sekarang saatnya Pertamina membuktikan kepercayaan yang diberikan Pemerintah dengan menyerahkan hak pengelolaan lapangan tersebut kepada mereka. "Ada masa idah, pada waktu terminasi kita masih kasih waktu perpanjangan buat Exxon. Sekarang sudah kita kasih Pertamina," tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
HUTKONTAN30
Kontan Academy
CFO Lens Winning Sales Proposal

[X]
×