kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini melemah


Selasa, 06 Oktober 2020 / 16:41 WIB
Persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini melemah
ILUSTRASI. Menurut survei BI bulan September 2020, persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini melemah


Reporter: Bidara Pink | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini pada bulan September 2020 melemah dari bulan sebelumnya, dan bahkan masih berada dalam zona pesimistis.

Berdasarkan survei konsumen Bank Indonesia (BI), pelemahan ini tercermin dari Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) September 2020 yang sebesar 54,1 alias lebih rendah dari 55,6 pada bulan Agustus 2020.

“Pelemahan IKE ini seiring dengan kembali diberlakukannya kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di beberapa wilayah yang berdmapak pada menurunnya aktivitas ekonomi dan terbatasnya penghasilan masyarakat,” tutur bank sentral dalam laporannya, Selasa (6/10).

Penurunan IKE nampak pada komponen Indeks Penghasilan Saat Ini yang tercatat sebesar 57,6 alias turun 2,2 poin dari bulan Agustus 2020.

Baca Juga: Kepercayaan konsumen melemah pada September 2020

Pelemahan keyakinan konsumen terhadap penghasilan saat ini disebabkan oleh penurunan penghasilan rutin (gaji/honor) maupun omzet usaha aibat adanya kembali pembatasan aktivitas di berbagai kota pada bulan laporan.

Penurunan indeks pun terjadi pada seluruh kategori pengeluaran, terutama pada kelompok responden dengan tingkat pengeluaran Rp 1 juta - Rp 2 juta per bulan.

Menurut kategori usia, penurunan indeks terjadi pada responden berusia 20 tahun - 30 tahun dan 51 tahun - 60 tahun.

Seiring dengan penurunan keyakinan terhadap penghasilan, keyaknian konsumen untuk melakukan pembelian barang tahan lama atau durable goods pada September 2020 juga mengalami penurunan, terutama pada jenis barang elektronik, furnitur, dan perabot ruma tangga.

Penurunan indeks terjadi pada sebagian besar kategori tingkat pengeluaran, terutama pada responden dengan pengeluaran di atas Rp 5 juta per bulan.

Sementara itu, keyakinan konsumen terhadap ketersediaan lapangan kerja saat ini pada September 2020 relatif stabil dibandingkan bulan sebleumnya.

Menurut kategori pengeluaran, terjadi penurunan Indeks Ketersediaan Lapangan Kerja pada responden dengan pendidikan akademi dan pasca sarjana.

Sementara menurut kelompok usia, terjadi penurunan indeks pada respondens berusia 21 tahun - 30 tahun dan 41 tahun - 50 tahun, sedangkan untuk kelompok usia lainnya mengalami peningkatan.

Selanjutnya: BI: Semester II-2020 akan terjadi perbaikan perekonomian

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×