kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pengamat Harapkan Anggota KPU Terpilih Dapat Menjaga Integritas


Kamis, 17 Februari 2022 / 20:38 WIB
Pengamat Harapkan Anggota KPU Terpilih Dapat Menjaga Integritas
ILUSTRASI. Calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Betty Epsilon Idroos mengikuti uji kelayakan dan kepatutan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (14/2/2022).


Reporter: Ratih Waseso | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Komisi II DPR menetapkan 7 anggota terpilih Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan 5 anggota terpilih Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) periode 2022-2027 pada Kamis (17/2) pukul 01.00 dini hari.

Direktur Eksekutif Indonesia Political Review Ujang Komarudin mengatakan, nama-nama yang telah terpilih tersebut diharapkan mampu menjaga integritas, independensi, dan profesional sebagai anggota KPU terpilih.

"Karena kan jika kita berkaca pada KPU yang lalu, anggotanya ada yang ditangkap KPK karena kasus suap menyuap (korupsi), ada yang dipecat DKPP karena kasus penggelembungan suara caleg tertentu, ada yang dipegang oleh partai," kata Ujang kepada Kontan.co.id, Kamis (17/2).

Baca Juga: DPR Akan Melakukan Uji Kelayakan dan Kepatutan Calon Anggota KPU dan Bawaslu

Ujang menjelaskan, jika anggota terpilih mampu menjaga integritas maka potensi tindak serupa takkan berulang.

"Jika mereka independen, tak akan dikendalikan oleh partai. Dan jika profesional, maka mereka akan bekerja sesuai dengan tugas dan kewenangannya. Kita lihat saja kerjanya seperti apa ke depan. Kita baru bisa menilai, jika mereka sudah bekerja," ujarnya.

Adapun tugas rumah yang perlu segera ditangani oleh anggota terpilih tentunya kerja cepat untuk persiapan pemilu 2024 mendatang. Kemudian menentukan siapa saja pengganti anggota KPUD yang masa tugasnya berakhir sebelum 2024.

Baca Juga: Pemilu Serentak 2024 Akan Digelar pada 14 Februari 2024

"Tahapan pemilu jadi tugas mendesak juga, misalnya soal jadwal kampanye, jangan terlalu lama dan jangan juga terlalu pendek," ungkap Pengamat Politik Universitas Al Azhar ini.

Berdasarkan berita KONTAN sebelumnya, dari musyawarah, diputuskan 7 nama calon anggota KPU terpilih untuk diserahkan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk dilantik. Diantaranya, Betty Epsilon Idroos, Hasyim Asy'ari Pekerjaan, Mochammad Afifuddin, Parsadaan Harahap, Yulianto Sudrajat, Idham Holik dan August Mellaz.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×