kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45762,97   -5,00   -0.65%
  • EMAS1.009.000 -1,46%
  • RD.SAHAM -0.70%
  • RD.CAMPURAN -0.34%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.01%

Pembukaan gelombang 4 kartu prakerja dimulai besok


Jumat, 07 Agustus 2020 / 16:45 WIB
Pembukaan gelombang 4 kartu prakerja dimulai besok
ILUSTRASI. Informasi mengenai pelatihan program Kartu Prakerja pada laman situs web Ruang Guru. KONTAN/Cheppy A. Muchlis

Reporter: Vendy Yhulia Susanto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan, dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Rudy Salahuddin mengatakan, pembukaan gelombang empat program kartu prakerja akan dimulai Sabtu 8 Agustus 2020.

Dengan kuota gelombang empat ini sebanyak 800.000 peserta. “Kita akan memulai pembukaan batch keempat besok di hari Sabtu,” kata Rudy dalam konferensi pers virtual, Jumat (7/8).

Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu PraKerja, Denni Puspa Purbasari mengatakan, dana bantuan pelatihan yang ditetapkan jumlahnya masih sama yaitu 3.550.000 yang terdiri dari dua elemen wajib.

Baca Juga: Program Kartu Prakerja dibuka lagi, ini jadwal pendaftaran peserta

Yaitu bantuan biaya pelatihan sebesar Rp 1 juta rupiah dan insentif Rp 600.000 selama 4 bulan berturut-turut. Ditambah dengan 3 kali Rp 50.000 untuk insentif survey kepekerjaan yang tetap berlaku.

“Ini kemudian akan ditransfer ke rekening virtual account penerima kartu prakerja. Jika dalam waktu 30 hari sejak ditetapkan ini tidak digunakan maka kepesertaan yang bersangkutan akan dicabut dari system,” jelas Denny.

Denni menyebutkan, perbaikan tata kelola dimuat oleh dua payung hukum yakni Perpres nomor 76 tahun 2020 dan Peraturan Menko Perekonomian nomor 11 tahun 2020.

Perbaikan tata kelola ini bersifat progresif ke depan dan kemudian akan diimplementasikan mulai dari gelombang keempat dan seterusnya.

“Manajemen pelaksana secara bertahap akan menyesuaikan dengan prosedur operasi berikut sistemnya sesuai dengan perpres dan permenko ini,” ucap Denny.

Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan, dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Rudy Salahuddin, mengatakan, kuota gelombang pendaftaran kartu prakerja ke depannya juga akan berjumlah sama dengan gelombang 4 yakni 800.000 penerima.

Baca Juga: Siap-siap, pekan depan mulai dibuka pendaftaran gelombang IV kartu prakerja

Jika hal ini berjalan lancer, maka target penerima kartu prakerja sebanyak 5,6 juta penerima akan tercapai pada akhir Oktober 2020 mendatang.

Rudy mengatakan, penerima kartu prakerja akan diprioritaskan pada pekerja yang di PHK dan dirumahkan berdasarkan data Kementerian Ketenagakerjaan.

“Cleansing dan data-data pekerja yang di PHK dan dirumahkan. Data-data ini yang kita prioritaskan, 80 persen akan diisi dari data yang sudah di cleansing dari Kemenaker,” ucap Rudy.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×