kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45681,39   9,25   1.38%
  • EMAS917.000 0,11%
  • RD.SAHAM 0.54%
  • RD.CAMPURAN 0.26%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.10%

Kepala Bappenas berharap Trump tidak terpilih lagi, ini alasannya


Selasa, 25 Februari 2020 / 04:00 WIB
Kepala Bappenas berharap Trump tidak terpilih lagi, ini alasannya

Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa menyebutkan, pemilihan presiden Amerika Serikat 2021 akan sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi global.

Menurutnya, apabila Donald Trump tidak kembali terpilih sebagai presiden AS, maka pertumbuhan ekonomi global diprediksi akan lebih cepat. "Apabila Donald Trump tidak terpilih maka pertumbuhan ekonomi diperkirakan meningkat, kalau enggak terpilih," kata dia di Gedung Bappenas, Jakarta, Senin (24/2/2020).

Sementara itu, apabila Trump kembali menjabat sebagai presiden AS, maka pertumbuhan ekonomi global diproyeksi akan mengalami perlambatan. "Jadi kita berdoa saja dia enggak terpilih," ujarnya.

Baca Juga: Susun RKP 2021, Bappenas dorong pembangunan di tiga sektor ini

Kebijakan Trump yang selama ini cenderung protektif, termasuk menggencarkan perang dagang dinilai telah memberikan dampak terhadap pertumbuhan ekonomi global. "Ini kaitannya dengan trade war dan kebijakan serba protektif," katanya.

Kebijakan Generalized System of Preferences (GSP) pun disebut sebagai salah satu contoh instrumen yang digunakan AS untuk menekan mitra dagang negaranya. GSP merupakan insentif yang diberikan AS ke negara lain yang dikategorikan sebagai negara berkembang.

Baca Juga: Bappenas: Draf RUU ibu kota negara diserahkan ke DPR pekan depan

Indonesia pekan lalu resmi dicabut oleh AS dari daftar penerima fasilitas GSP yang selama ini dinikmati negara berkembang. Dengan demikian, Indonesia sudah dikategorikan sebagai negara maju.

Kendati demikian, Suharso menegaskan pemerintah tetap bersikap netral terhadap pemilihan presiden AS 2021. "Bukan berarti Pak Harso anti-Trump," ucapnya.

Baca Juga: Apa kabar Badan Otorita Ibu Kota? Begini kata Kepala Bappenas

Selain pemilihan presiden AS 2021, dua faktor lain yang akan berdampak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi global adalah tensi perang dagang AS dengan China dan penyebaran virus corona.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kepala Bappenas Harap Trump Tak Terpilih Lagi, Mengapa?"
Penulis : Rully R. Ramli
Editor : Sakina Rakhma Diah Setiawan

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×