kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45859,88   -1,43   -0.17%
  • EMAS918.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.26%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.03%

Indonesia jadi negara terbaik kedua untuk investasi versi USNews, ini tanggapan Kadin


Selasa, 03 Agustus 2021 / 10:37 WIB
Indonesia jadi negara terbaik kedua untuk investasi versi USNews, ini tanggapan Kadin
ILUSTRASI. Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Bidang Hubungan Internasional Shinta W. Kamdani

Reporter: Vina Elvira | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Meski masih berjuang melewati kondisi pandemi Covid-19, Indonesia tetap dianggap sebagai negara yang memiliki potensi menarik untuk berinvestasi di sepanjang tahun 2021. 

Mengutip laporan USNews, Indonesia menduduki posisi kedua sebagai negara terbaik untuk investasi langsung pada tahun 2021. 

Sebagaimana diketahui, USNews membuat survei negara terbaik untuk berinvestasi (best countries to invest) tahun 2021. Peringkat ini diambil dari hasil survei berbasis persepsi global mengacu pada delapan atribut negara yang berbobot sama. 

Di antaranya, tingkat korupsi, dinamika, stabilitas ekonomi, kewirausahaan, aturan pajak yang menguntungkan, inovatif, tenaga kerja terampil, dan keahlian teknologi.

Dari lima negara terbaik untuk investasi berdasarkan survei tersebut, Indonesia berada di urutan kedua setelah Meksiko. Lalu disusul Lithuania di posisi ketiga, Uni Emirat Arab (4) dan Malaysia (5). 

Baca Juga: Ekonom: Indonesia harus terus perbaiki level kemudahan berinvestasi

Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Hubungan Internasional Shinta Kamdani menyatakan, hasil survei tersebut sangat menyanjung dan menguntungkan Indonesia. Yang mana membuat pihaknya lebih semangat dan terpacu untuk memperbaiki iklim usaha nasional agar dapat semakin bersaing di dunia dan bisa benar-benar menjadi negara ramah investasi. 

"Image Indonesia sebagai negara ramah investasi bisa menjadi top of mind para pelaku ekonomi dunia, tidak berhenti pada survei ini saja," kata Shinta saat dihubungi Kontan.co.id, Senin (2/8). 

Dia memaparkan, prospek investasi Indonesia sangat beragam, terutama sejak disahkannya UU CK dan adanya Perpres 10/2021. Shinta menyebut, Indonesia bisa mulai dari Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) super prioritas, yang hampir semua aspek investasinya difasilitasi dan menguntungkan bagi para calon investor. 

"Dan strategis untuk transformasi ekonomi nasional," paparnya. 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Bongkar Rahasia Banjir Order dari Digital Marketing Rahasia Banjir Order dari Digital Marketing

[X]
×