kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Indonesia Akan Jadi Tuan Rumah ASEAN Para Games 2022


Selasa, 22 Maret 2022 / 19:29 WIB
Indonesia Akan Jadi Tuan Rumah ASEAN Para Games 2022
ILUSTRASI. Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali didampingi oleh Ketua Umum National Paralympic Committee (NPC) Senny Marbun usai Rapat Terbatas Persiapan ASEAN Para Games 2022, Selasa, 22 maret 2022, di Kantor Presiden, Jakarta.


Reporter: Ratih Waseso | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indonesia menyatakan kesiapan menjadi tuan rumah ASEAN Para Games tahun 2022 pada bulan Juli mendatang.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan, kepastian dan kesiapan sebagai tuan rumah tersebut diambil dalam rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Akhirnya dalam rapat yang dipimpin langsung Presiden tadi telah diputuskan kita siap bersedia untuk menjadi tuan rumah ASEAN Para Games," ucap Zainudin dalam keterangan pers di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (22/3).

Mulanya ASEAN Para Games 2022 rencananya akan digelar di Vietnam, namun tidak terlaksana karena adanya beberapa kendala. Oleh karena itu, Indonesia mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah dari ajang olahraga tersebut.

"Sehingga diberi kesempatan kepada negara-negara ASEAN untuk mengajukan diri," lanjutnya.

Baca Juga: ITDC Terus Optimalkan KEK Mandalika dengan Konsep Sport Tourism

Zainudin menambahkan, ASEAN Para Games 2022 akan digelar pada akhir bulan Juli dan bertempat di Jawa Tengah yaitu di Surakarta, Sukoharjo dan Karanganyar.

"Kenapa di sana? Karena memang pertama adalah pemusatan latihan dari atlet-atlet paralimpic kita itu ada di Jawa Tengah, di Surakarta, dan sekitarnya," tutur Zainudin.

Selain itu, pemilihan daerah pelaksanaan di sekitar Kota Surakarta, Jawa Tengah, karena lokasi tersebut memiliki fasilitas yang dapat memberikan dukungan dalam pelaksanaan ajang yang akan mempertandingkan 14 cabang olahraga tersebut.

"Di sana itu ada rumah sakit namanya Rumah Sakit Dr. Soeharso itu kita tahu fungsi dari rumah sakit itu. Selain itu, juga di sana ada Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) yang sangat memberikan dukungan dan back up khususnya untuk sport site," kata Zainudin.

Ketua Umum National Paralympic Committee (NPC) Indonesia Senny Marbun optimistis Indonesia dapat memberikan yang terbaik dan menjadi juara umum dalam ASEAN Para Games 2022.

"Di atas kertas kita sudah hitung-hitungan kita bisa juara umum karena di Malaysia kemarin kita pun grade-nya jauh di atas Malaysia dan Thailand," ucap Senny.

Sebagai informasi, sebelumnya Indonesia pernah menjadi tuan rumah ASEAN Para Games pada tahun 2011 lalu.

Baca Juga: Ajang MotoGP Mandalika Sukses dan Banjir Pujian, Aksi Pawang Hujan jadi Sorotan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×