kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

IMF pangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi global, Indonesia tetap yakin tumbuh 5,3%


Selasa, 21 Januari 2020 / 17:30 WIB
IMF pangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi global, Indonesia tetap yakin tumbuh 5,3%
ILUSTRASI.

Reporter: Yusuf Imam Santoso | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah Indonesia tidak terlalu khawatir ketika International Monetary Fund (IMF) memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi global pada 2020 menjadi 3,3% dari sebelumnya 3,4%.

Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko Perekonomian) Iskandar Simorangkir mengatakan, pemerintah tetap yakin pertumbuhan ekonomi tahun 2020 sebesar 5,3% sesuai Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2020.

Baca Juga: IMF pangkas pertumbuhan ekonomi dunia, Indonesia tersokong konsumsi dan investasi

“IMF seperti biasa ketika realisasi data sudah ada selalu merevisi pertumbuhan ekonomi dunia," ujarnya kepada Kontan.co.id, Selasa (21/1).

IIskandar melanjutkan, pemerintah telah memperhitungkan pelemahan ekonomi dunia ketika membuat proyeksi pertumbuhan Indonesia di level 5,3%. Dalam rangka mencapai pertumbuhan tersebut, pemerintah akan mendorong daya beli via konsumsi masyarakat. Hal ini mengingat sekitar 56% pertumbuhan ekonomi disumbang dari sana. 

Lebih lanjut, kebijakan yang dilakukan pemerintah untuk mendorong daya beli antara lain, pertama menurunkan suku bunga kredit usaha rakyat (KUR) dari 7% ke 6% dan target ditingkatkan 36% menjadi Rp 190 triliun.

Baca Juga: IMF pangkas pertumbuhan ekonomi global jadi 3,3%, bagaimana prospek Indonesia?




TERBARU

Close [X]
×