kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45968,16   -7,00   -0.72%
  • EMAS921.000 0,55%
  • RD.SAHAM -0.19%
  • RD.CAMPURAN -0.05%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.12%

BI dan Bank of Japan perpanjang kerjasama bilateral swap arrangement, ini kata ekonom


Kamis, 14 Oktober 2021 / 19:14 WIB
BI dan Bank of Japan perpanjang kerjasama bilateral swap arrangement, ini kata ekonom
ILUSTRASI. BI dan Bank of Japan perpanjang kerjasama bilateral swap arrangement, ini kata ekonom

Reporter: Bidara Pink | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Bank Indonesia (BI) dan Bank Sentral Jepang (Bank of Japan) telah menandatangani perjanjian perpanjangan kerja sama Bilateral Swap Arrangement (BSA).

Kesepakatan ini berlaku efektif per hari ini, Kamis, 14 Oktober 2021. Sebagaimana perjanjian sebelumnya, kerja sama BSA memungkinkan Indonesia untuk melakukan swap dengan nilai fasilitas swap sampai dengan US$ 22,76 miliar atau nilai yang setara dalam Yen Jepang.

Ekonom Bank Mandiri, Faisal Rachman, mengatakan, diperpanjangnya kerja sama ini akan membawa keuntungan bagi stabilnya nilai tukar rupiah. 

Baca Juga: Saat Ekonomi Sudah Pulih, BOJ Diminta Tidak Menarik Stimulus

Apalagi, saat ini kita tahu adanya peningkatan ketidakpastian di pasar keuangan global akibat rencana normalisasi kebijakan moneter dari berbagai bank sentral, termasuk bank sentral Amerika Serikat (AS) The Federal Reserve (The Fed). 

“Kerja sama ini akan menjadi jaring pengaman keuangan serta berkontribusi pada stabilitas keuangan di tingkat regional maupun global,” ujar Faisal kepada Kontan.co.id, Kamis (14/10). 

Dalam hal ini, sebagai bantalan kedua (second line of defense), BSA akan menambah ketahanan eksternal Indonesia karena bisa menambah fasilitas dukungan likuiditas valuta asing. 

Lebih lanjut, Faisal pun memperkirakan nilai tukar rupiah pada akhir periode tahun 2021 akan bergerak di kisaran Rp 14.177 per dollar AS.  Sementara hingga akhir tahun 2022, rupiah kemungkinan melemah dan diperkirakan bergerak di kisaran Rp 14.388 per dollar AS. 

Selanjutnya: RI-Jepang perpanjang perjanjian bilateral swap agreement

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×