kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45897,60   4,88   0.55%
  • EMAS1.365.000 -0,22%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Waspada, Potensi Banjir dan Karhutla Masih Terjadi di Bulan Agustus-September 2023


Selasa, 22 Agustus 2023 / 11:08 WIB
Waspada, Potensi Banjir dan Karhutla Masih Terjadi di Bulan Agustus-September 2023
ILUSTRASI. Petugas Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan peta wilayah Indonesia yang sudah memasuki puncak musim kemarau di Stasiun Klimatologi BMKG Karangploso, Malang, Jawa Timur, Selasa (1/8/2023). Potensi Banjir dan Karhutla Masih Ada.


Sumber: Kompas.com | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memprediksi masih ada potensi banjir di sebagian wilayah serta kebakaran hutan dan lahan (karhutla) pada Agustus-September 2023. 

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengatakan, banjir terjadi di sebagian wilayah lantaran masih ada curan hujan dengan kurangnya daerah resapan air di daerah tersebut. 

Sementara karhutla terjadi lantaran Indonesia sudah memasuki puncak musim kemarau pada Agustus-September 2023. 

Baca Juga: Menakar Dampak El Nino Pada Ketahanan Pangan Indonesia

"Untuk akhir Agustus ini, kita sudah ada pada fase peak-nya, fase puncaknya kemarau," kata Abdul Muhari dalam konferensi pers secara daring di Jakarta, dikutip dari YouTube Kompas.com, Selasa (22/8/2023).

Pria yang karib disapa Aam ini menuturkan, beberapa wilayah dengan potensi kebakaran hutan dan lahan, meliputu daerah daerah tengah selatan Sumatera, Jawa, Bali, Nusa Tenggara hampir seluruhnya, Kalimantan tengah ke selatan, Sulawesi tengah ke selatan, dan Papua tengah ke selatan. 

Ia meminta masyarakat di wilayah tersebut harus berhati-hati, termasuk masyarakat yang tinggal di permukiman padat penduduk. 

"Itu kita benar-benar harus waspada. Kalau untuk Jawa itu kekeringan dan kebakaran lahan dengan perumahan. Sangat hati-hati dengan sampah, puntung rokok dan lain-lain. Hati-hati di permukiman karena kebakaran satu rumah bisa menjalar dengan cepat ke yang lain," tutur Aam. 

Baca Juga: Kekeringan di Semarang Semakin Meluas, Warga Diminta Hemat Air

Sementara itu, daerah dengan potensi banjir meliputi Sumatera tengah ke utara, Kalimantan tengah ke utara, dan daerah lain di bagian utara ekuator. Kendati begitu kata Aam, potensi kebakaran hutan dan lahan di wilayah itu tetap perlu diwaspadai. 




TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

[X]
×