kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wapres minta BNN lakukan 4 langkah strategis perangi narkoba


Senin, 28 Juni 2021 / 15:17 WIB
Wapres minta BNN lakukan 4 langkah strategis perangi narkoba
ILUSTRASI. Wakil Presiden Ma'ruf Amin.


Reporter: Lidya Yuniartha | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Wakil Presiden Ma'ruf Amin meminta Badan Narkotika Nasional (BNN) untuk melakukan berbagai langkah strategis dalam mencegah dan memberantas penyalahgunaan narkoba di Indonesia.

"Saya minta kepada BNN RI yang merupakan leading sector dalam Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika (P4GN) untuk melakukan Langkah-langkah strategis," ujar Ma'ruf dalam keterangan tertulis, Senin (28/6).

Hal ini perlu dilakukan  mengingat penyalahgunaan Narkotika, Psikotropika, dan Obat-obatan Terlarang (Narkoba) masih menjadi ancaman kemanusiaan serius seluruh bangsa di dunia.

Baca Juga: Cek formasi CPNS 2021 yang sudah rilis, ada BNN, Kementerian PUPR, dan Kemenlu

Bahkan the United Nations Office on Drugs and Crime (UNODC), tren global penyalahgunaan Narkoba diperkirakan akan terus meningkat bahkan hingga 11 persen pada 2030, dari 275 juta pengguna pada 2020.

Ma'ruf pun mengatakan setidaknya empat langkah strategis yang dapat ditempuh BNN dalam rangka melaksanakan Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2020 tentang Rencana Aksi Nasional P4GN Tahun 2020-2024 (RAN P4GN).

Pertama, memperkuat intervensi ketahanan keluarga, mengedukasi secara dini kepada anak-anak dan masyarakat tentang bahaya penyalahgunaan Narkoba, serta mendorong partisipasi lembaga terkait, lembaga pendidikan dan organisasi serta kelompok masyarakat.

Langkah kedua, mengintervensi daerah bahaya Narkoba agar menjadi daerah yang bersih dari penyalahgunaan Narkoba.

Ketiga, meningkatkan penyediaan layanan rehabilitasi melalui intervensi berbasis masyarakat, meningkatkan dan mempertahankan kualitas layanan rehabilitasi sesuai standar nasional, yang didukung dengan peningkatan kualitas SDM dalam pelaksanaan rehabilitasi.

Baca Juga: Kemenkeu, Polri, dan BNN ungkap penyelundupan 2,5 ton narkoba jaringan Timur Tengah

"Keempat, memperkuat dan memperluas jejaring kerja sama pencegahan dan pemberantasan narkotika baik pada level dalam negeri, domestik, maupun internasional," ujar Ma'ruf.

Ma;ruf juga mengingatkan bahwa langkah-langkah strategis RAN P4GN ini hanya akan berjalan secara optimal apabila dilakukan melalui kerja bersama dengan seluruh komponen bangsa.

"RAN P4GN ini akan dapat berjalan secara optimal dengan adanya kerja inklusif dan kolaborasi dari kementerian, lembaga, pemerintah daerah, dan seluruh komponen masyarakat Indonesia," kata Ma'ruf.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×