kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wapres Ma'ruf Amin tekankan sumber kemajuan ada pada pembangunan SDM dan inovasi


Selasa, 06 Juli 2021 / 20:25 WIB
Wapres Ma'ruf Amin tekankan sumber kemajuan ada pada pembangunan SDM dan inovasi
ILUSTRASI. Wapres Ma'ruf Amin tekankan sumber kemajuan ada pada pembangunan SDM dan inovasi


Reporter: Yusuf Imam Santoso | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Berbagai fakta menunjukkan bahwa inovasi memberikan kontribusi besar terhadap pembangunan sebuah negara. Laporan Global Innovation Index (GII) 2020 memperlihatkan negara-negara dengan skor inovasi yang tinggi memiliki produk domestik bruto (PDB) per kapita yang lebih tinggi pula. 

Oleh sebab itu, Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menegaskan bahwa sumber kemajuan saat ini tidak lagi bergantung pada sumber daya alam (SDA), tetapi pada sumber daya manusia (SDM) dengan segala inovasi yang dibuatnya. 

"Satu pelajaran penting yang perlu kita petik yaitu bahwa sumber kemajuan tidak lagi bertumpu pada sumber daya alam, tapi pada SDM dan inovasi," tegas Wapres saat memberikan kuliah umum pada Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) 62 dan Program Pendidikan Singkat Angkatan (PPSA) 23 Tahun 2021 Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas), Selasa (6/7/).

Lebih lanjut, Wapres mencontohkan, pada tahun 1850, kondisi Amerika Serikat sama dengan negara terbelakang saat ini di mana 70% masyarakatnya masih tinggal di daerah perdesaan, 52% konsumsinya digunakan untuk membeli makanan, dan tingkat elektrifikasi baru 10%. Masyarakat yang menikmati sekolah menengah pun baru 10% dengan umur harapan hidup hanya 45 tahun.

Baca Juga: Wapres minta ASN jadi pelopor penerapan protokol kesehatan dan vaksinasi Covid-19

"Namun, dalam periode waktu tersebut lahir berbagai inovasi penting yang masih bisa dilihat hingga saat ini," tuturnya.

Sebagai contoh, papar Wapres, Tudor Ice Company yang berdiri pada 1806 memproduksi dan menjual es batu alam hampir ke seluruh belahan dunia. Inovasi ini mendorong perkembangan industri makanan dan minuman secara pesat. 

"Perusahaan McCormick Harvesting Machine yang berdiri pada tahun 1831 menemukan mesin penuai gandum. Inovasi ini menjadi awal mekanisasi pertanian di Amerika," lanjutnya. 

Selain itu, sebut Wapres, perusahaan Singer yang berdiri pada 1856 menciptakan mesin jahit yang membuat usaha garmen menjadi massal. Selanjutnya, perusahaan Kodak pada tahun 1898 menciptakan inovasi yang membuat proses memotret menjadi sangat mudah. 

"Paling monumental adalah ketika Ford Motor Company yang berdiri pada tahun 1903 mengeluarkan inovasi brilian dalam memproduksi mobil secara massal. Ford Motor Company dicatat sebagai perusahaan yang melahirkan kelas menengah di Amerika Serikat," ujarnya. 

Pada era digital saat ini, kata Wapres, inovasi juga tetap memegang peranan penting. Misalnya, perusahaan Apple yang sumber pertumbuhan utamanya adalah inovasi.

Baca Juga: Hadapi tantangan kejahatan ke depan, Jokowi dorong Polri kuasai iptek

"Apple berhasil mencapai nilai valuasi sebesar US$ 2 triliun pada Agustus 2020. Pada tahun 2018, Apple juga menjadi perusahaan pertama di dunia yang mencatat valuasi sebesar US$ 1 triliun," paparnya. 

Artinya, sambung Wapres, Apple hanya butuh 2 tahun untuk melipatgandakan valuasinya. Peningkatan valuasi Apple tersebut bahkan justru terjadi dalam situasi krisis sebagai dampak dari pandemi Covid-19.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×