kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wamendag dan Wamendes tingkatkan sinergi sukseskan program sistem resi gudang


Rabu, 14 April 2021 / 10:20 WIB
Wamendag dan Wamendes tingkatkan sinergi sukseskan program sistem resi gudang
ILUSTRASI. Wamendag Jerry Sambuaga dan Wamendes Budie Arie sepakat Tingkatkan sinergi Kemendag-Kemendes


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga menilai pentingnya sinergi antar Kementerian/Lembaga dalam menyukseskan program kerja Kementerian Perdagangan. Beberapa waktu lalu, ia menyambangi Kantor Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi yang terletak di kawasan Kalibata. 

Dalam pertemuan tersebut, Jerry ingin mensinergikan program Sistem Resi Gudang (SRG) yang dikelola oleh Kemendag dan berlokasi di kurang lebih 163 titik seluruh Indonesia. 

“Saat ini kan Kemendag punya Gudang SRG di hampir setiap provinsi di Indonesia dan lokasinya banyak yang di desa-desa, jadi kami berinisiatif untuk berkolaborasi dengan Kemendes untuk mengoptimalkan Gudang SRG yang ada di desa-desa” imbuh Jerry. 

Program SRG sendiri merupakan upaya Pemerintah untuk membantu menyejahterakan petani dengan menerapkan sistem tunda jual dan pembiayaan perdagangan dengan memberikan kredit dengan jaminan komoditi yang disimpan di Gudang SRG. 

Baca Juga: Resi gudang belum maksimal, Wamendag Jerry ajak Asosiasi Pengusaha Desa manfaatkan

Selain itu, Gudang SRG akan diintegrasikan dengan pasar sehingga pemerintah dapat memantau stok dan mutu komoditi di lapangan dengan lebih akurat. 

Untuk itu, Jerry berinisiatif untuk menjalin kerjasama dengan Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) untuk menjadi standby buyer bagi komoditi yang disimpan di Gudang SRG. 

“Tidak hanya untuk memberikan fasilitas kredit ke petani, tapi kita juga upayakan agar barang yang disimpan di Gudang SRG ini ada pembelinya. Kita sudah punya MoU dengan Aprindo untuk menjadi standby buyer komoditi bawang merah di SRG Brebes, nah ini nanti akan kita perluas untuk komoditi lain dan tentunya di gudang-gudang SRG lainnya,” ungkap Wamendag.  

Di sisi lain, Wamendes Budie Arie berharap Kemendag dan Kemendes dapat bekerjasama dalam memberdayakan UMKM di desa-desa agar dapat naik kelas. Kemendes saat ini sedang mengembangkan platform e-commerce yang khusus menjual produk hasil UMKM desa. 

Dengan adanya kerjasama dengan Kementerian Perdagangan, diharapkan produk unggulan UMKM desa dapat makin berjaya dan merajai pasar dalam negeri.

Selanjutnya: Wamendag dorong implementasi SRG untuk tingkatkan kesejahteraan petani

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×