kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45769,82   10,44   1.37%
  • EMAS915.000 -0,44%
  • RD.SAHAM -0.01%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.03%

Tinggal dekat Depok, dua warga terjangkit corona terdeteksi sejak 1 Maret


Senin, 02 Maret 2020 / 12:16 WIB
Tinggal dekat Depok, dua warga terjangkit corona terdeteksi sejak 1 Maret
Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Menseskab Pramono Anung dan Mensesneg Pratikno menyampaikan konferensi pers terkait virus corona di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (2/3/2020).

Reporter: Abdul Basith, Titis Nurdiana | Editor: Titis Nurdiana

KONTAN.CO.ID -JAKARTA.  Pemerintah Indonesia memastikan dua orang Indonesia tertular virus corona di Jakarta. Keduanya kini dirawat di RSPI Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta Utara.

"Di Rumah Sakit Pusat Infeksi Sulianti Saroso, di ruang khusus yang tidak terkontak dengan yang lain," kata Menteri Kesehatan Terawan Agus Saputra di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (2/3).

Keduanya ada ibu dan anak yang tertular warga negara  (WN) Jepang. Mereka tertular di Jakarta, saat berinteraksi dengan warga negara Jepang itu. “Terkenanya di Jakarta,” kata Menkes Terawan.

 Menurut Terawan, keduanya bertempat tinggal di wilayah dekat Depok. "(2 orang itu) di rumahnya, daerah dekat Depok," ujar Menkes Terawan

Menurut Terawan, prosedurnya penanganan orang terduga kena virus coronasudah dilakukan. "Kita sudah cek, kita bawa. Sudah melakukan isolasi rumah,” ujarnya.  

Sesuai prosedur, menurut Menkes, pemerintah sudah melakukan isolasi rumah terduga korona. “Sudah terdeteksi dari 1 Maret kita lakukan, begitu dengar berita, kita lakukan penelusuran, kita lakukan pemeriksaan," kata Terawan.

Dia menjelaskan, kedua orang itu melakukan kontak langsung dengan warga negara Jepang yang sebelumnya positif terjangkit virus corona.

"Karena ini kan kontak langsung, ini kan kita cek. Kalau enggak close kontak, itu berbeda. Kita mengacu pada epidologis, mana yang paling memungkinkan," jelas Terawa

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengonfirmasi dua orang Indonesia positif terjangkit virus corona. Dua orang ini berinteraksi dengan WN Jepang yang sempat masuk ke wilayah Indonesia. WN Jepang itu diketahui positif virus corona saat tiba di Malaysia.

"Ternyata orang (WN Jepang, red) yang terkena virus corona berhubungan dengan 2 orang, ibu 64 tahun dan putrinya 31 tahun," kata Jokowi di Istana Negara, Senin (2/3).

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×