kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Survei Grant Thornton Indonesia catat optimisme pelaku bisnis meningkat di 2020


Senin, 30 Desember 2019 / 11:43 WIB
Survei Grant Thornton Indonesia catat optimisme pelaku bisnis meningkat di 2020


Reporter: Grace Olivia | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Grant Thornton Indonesia mencatat ekspektasi pelaku bisnis dalam negeri atas keuntungan usaha di tahun 2020 mengalami lonjakan. 

Dalam laporan terbarunya untuk semester II-2019,  International Business Report (IBR), ekspektasi pelaku bisnis Indonesia atas keuntungan usaha mencapai 84%, lebih tinggi dari survei periode semester sebelumnya yaitu 70%. 

Angka tersebut juga merupakan rekor tertinggi dari survei-survei sebelumnya, serta lebih tinggi dari angka rata-rata ASEAN dan Asia Pasifik yang masing-masing sebesar 69% dan 54%

Baca Juga: Indef: Pemerintah mesti perjelas beberapa poin dalam PP e-commerce

Sementara, ekspektasi pelaku bisnis terhadap pendapatan usaha juga naik dari sebelumnya 85% menjadi 87% pada periode kali ini. 

Managing Partner Grant Thornton Indonesia Johanna Gani mengatakan, ekspektasi pendapatan maupun keuntungan usaha yang positif tersebut melanjutkan tren kenaikan dari laporan periode sebelumnya. 

Iklim bisnis di dalam negeri yang cukup kondusif setelah pelantikan presiden serta pengumuman kabinet pemerintahan baru tampaknya mendorong keyakinan pelaku bisnis untuk mendapatkan keuntungan lebih tinggi dalam 12 bulan ke depan. 

“Hal tersebut menunjukkan sinyal positif dari market atas perkiraan iklim usaha yang kondusif untuk 12 bulan ke depan,” ujar Johanna dalam keterangan resmi yang dikutip Kontan.co.id, Senin (30/12). 

Grant Thornton Indonesia juga mencatat, optimisme pelaku bisnis Indonesia menempati posisi kedua secara global, setelah Vietnam, pada level 78%. Optimisme tersebut jauh di atas rata-rata negara Asia Pasifik dan ASEAN yang masing-masing berada pada level 56% dan 59%. 




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×