kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,20   -16,32   -1.74%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Prakiraan Cuaca Ekstrem dan Risiko Banjir di Beberapa Wilayah Hari Rabu (19/10)


Selasa, 18 Oktober 2022 / 20:56 WIB
Prakiraan Cuaca Ekstrem dan Risiko Banjir di Beberapa Wilayah Hari Rabu (19/10)
ILUSTRASI. Awan mendung di kawasan Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat , Minggu (4/9/2022). ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/hp..


Reporter: Syamsul Ashar | Editor: Syamsul Azhar

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) kembali mengingatkan adanya fenomena La Nina "triple-dip" 2020-2023 (tiga tahun beruntun). 

Fenomena ini menjadi ancaman bagi banyak negara di dunia, termasuk Indonesia.

Kondisi ini sebelumnya pernah terjadi pada tahun 1973 -1975 serta 1998-2001. 

Fenomena ini akan berpengaruh terhadap pola cuaca - iklim di Indonesia. Salah satunya menyebabkan sebagian wilayah Indonesia mengalami musim hujan lebih awal.

La Nina sendiri adalah fenomena mendinginnya suhu permukaan laut (SML) di Samudra Pasifik bagian tengah dan timur di bawah kondisi normalnya.

Baca Juga: Cuaca Besok di Jawa & Bali dari BMKG: Semarang Hujan Sedang, Bandung Hujan Petir

Di sisi lain, pendinginan SML di Samudra Pasifik tersebut diikuti oleh menghangatnya SML di perairan Indonesia sehingga menggiatkan pertumbuhan awan awan hujan dan meningkatkan curah hujan di wilayah Indonesia secara umum.

Fenomena ini sudah dimulai pada pertengahan 2020 dan diprediksi akan tetap berlangsung hingga akhir tahun 2022 dan kemungkinan berlanjut hingga awal tahun 2023, sehingga dinamai "Triple Dip".

Berdasarkan prakiraan cuaca yang dirilis BMKG untuk hari Rabu 19 Oktober 2022 ada potensi hujan lebat dengan intensitas >50 mm/hari berpotensi terjadi di  Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kep. Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kep. Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Papua Barat dan Papua.

Baca Juga: Ramalan BMKG Cuaca Besok di Jakarta Sekitarnya, Hujan sejak Siang hingga Malam Hari

Potensi hujan disertai kilat/petir terjadi di Aceh, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kep. Bangka Belitung, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan,
Gorontalo, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Maluku dan Papua Barat

Potensi Banjir terjadi di beberapa wilayah di Sumatra Utara, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Bali, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat dan Papua. Siaga potensi banjir di wilayah : Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta dan Jawa Timur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×