kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45776,97   -3,35   -0.43%
  • EMAS1.024.000 0,10%
  • RD.SAHAM 0.16%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Prabowo ternyata juga pesan Rantis Maung versi pendek


Sabtu, 08 Agustus 2020 / 17:55 WIB
Prabowo ternyata juga pesan Rantis Maung versi pendek

Sumber: Kompas.com | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pindad (Persero) sudah mulai melakukan proses produksi Maung. Langkah tersebut dilakukan untuk mengejar pesanan yang diminta oleh Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto. 

Menariknya, ternyata proses produksi kendaraan taktis (Rantis) Maung yang sedang dikerjakan tak hanya seperti yang prototipe saat ini, tapi juga akan dibuat dalam varian sasis pendek alias short wheelbase (SWB). 

Baca Juga: Hari ini ada tambahan 2.277 kasus corona baru di Indonesia, terbanyak di DKI Jakarta

Abraham Mose, Direktur Utama PT Pindad, mengatakan proses produksi Maung sudah berjalan sejak pekan lalu, dan saat ini tim teknsinya sedang berdiskusi untuk membuat Maung dalam versi SWB. 

"Sesuai permintaan beliau (Prabowo), untuk yang saat ini kami coba dorong agar bisa memenuhi produksi paling tidak 100 unit karena ada kebutuhan di Oktober nanti, sisanya akan terus running," ucap Abraham kepada Kompas.com belum lama ini. 

"Tim engineering juga sedang persiapan. Jadi beliau meminta Maung dalam dua versi, yang panjang seperti yang sekarang dan yang versi lebih pendek, jadi ada model short-nya," kata dia. 

Lebih lanjut Abraham mengatakan, sesaat lagi Maung akan melakukan pengujian terakhir. Sementara itu, untuk keran pemesanan juga sudah mulai dibuka, tapi masih sebatas untuk kebutuhan militer. 

Baca Juga: UPDATE Corona Indonesia, Sabtu (8/8): 123.503 kasus, 79.306 sembuh, 5.658 meninggal

Sebelumnya, Windhu Paramarta, Vice President Inovasi PT Pindad, menjelaskan bila memang ada rencana untuk membuat Maung dalam beberapa versi, salah satunya dalam bentuk SWB. 

Namun demikian, memang belum dijelaskan secara spesifik mengenai teknisnya akan seperti apa. Windhu hanya mengatakan bila nantinya akan disesuaikan dengan kebutuhan. 

"Kalau dari road map kami, nanti Maung akan dikembangkan ke beberapa varian selain yang saat ini digunakan dalam versi angkut personel. Jadi nanti variannya ada sasis panjang (long wheel base/LWB) dan pendek (short wheel base/SWB)," kata Windhu. (Stanly Ravel)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Prabowo Ternyata Juga Pesan Maung SWB"

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×