kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pemerintah akan pulangkan dua pasien COVID-19 sembuh dari Jepang


Rabu, 04 Maret 2020 / 18:04 WIB
Pemerintah akan pulangkan dua pasien COVID-19 sembuh dari Jepang
ILUSTRASI. WNI kru kapal pesiar Diamond Princess yang sebelumnya dinyatakan positif corona dan sudah sembuh akan segera dipulangkan


Reporter: Abdul Basith | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah berencana memulangkan dua pasien positif virus corona (COVID-19) yang sudah sembuh dari Jepang.

Dua orang tersebut merupakan warga negara Indonesia (WNI) yang menjadi Anak Buah Kapal (ABK) di kapal pesiar Diamond Princess. Sebelumnya, terdapat sembilan WNI yang dinyatakan positif virus corona di Jepang.

"Mereka akan pulang dengan pesawat komersial," ujar Dirjen P2P Kementerian Kesehatan Anung Sugihantono dalam siaran pers yang diterima Kontan.co.id, Rabu (4/3).

Anung menyebut, dua orang tersebut akan menjalani karantina terlebih dahulu. Karantina tersebut dilakukan di Badan Pelatihan Kesehatan (Bapelkes), Cikarang.

Baca Juga: Sampel darah 188 ABK World Dream sudah lengkap

Asal tahu saja, sebelumnya terdapat 78 WNI yang menjadi kru di kapal pesiar Diamond Princess. Mereka pun dikarantina selama 14 hari di kapal tersebut saat bersandar di Pelabuhan Yokohama, Jepang. 

Namun, pada 1 Maret 2020 lalu sebanyak 69 WNI yang sehat telah dipulangkan ke Indonesia. Semua kru Diamond Princess yang telah dievakuasi ini sedang menjalani masa observasi di Pulau Sebaru.

Sebelumnya Juru Bicara Pemerintah untuk penanggulangan COVID-19 Achmad Yurianto mengatakan, 69 WNI yang merupakan kru Diamond Princess ini melakukan pemeriksaan laboratorium. Hal itu mengingat tingkat kerawanan selama karantina di kapal pesiar tersebut sangat tinggi.

"Ke-69 ABK WNI eks Diamond Princess, seluruh spesimen sudah kami ambil dan sekarang dalam proses kami selesaikan pemeriksaan keseluruhan," terang Yuri, Selasa (3/3).

Baca Juga: Hasil tes virus corona terhadap 67 WNI kru kapal pesiar Diamond Princess negatif

Pemeriksaan spesimen juga dilakukan untuk WNI yang menjadi kru dari kapal pesiar World Dream. Total terdapat 188 WNI ABK kapal pesiar World Dream yang diobservasi di Pulau Sebaru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×