kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45784,56   -4,98   -0.63%
  • EMAS937.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.36%
  • RD.CAMPURAN -0.47%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.07%

Sampel darah 188 ABK World Dream sudah lengkap


Rabu, 04 Maret 2020 / 09:54 WIB
Sampel darah 188 ABK World Dream sudah lengkap
ILUSTRASI. WNI ABK World Dream saat tiba di Pulau Sebaru Kecil untuk menjalani observasi di Kepulauan Seribu, Jakarta, Jumat (28/2/2020). Sebanyak 188 WNI ABK kapal World Dream akan menjalani observasi pencegahan virus corona selama 14 hari kedepan.

Sumber: Kompas.com | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Panglima Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad) Laksamana Madya Yudo Margono mengatakan, sampel darah dari 188 anak buah kapal (ABK) World Dream sudah lengkap untuk kelengkapan pemeriksaan.

"Sekitar 50-an sampel darah yang sudah dibawa ke laboratorium Kementerian Kesehatan," kata Yudo di Dermaga Pulau Lipan, Selasa (3/3/2020), seperti dikutip Antara. Yudo menjelaskan, sebagian sampel darah sudah diambil saat perjalanan di dalam KRI dr Soeharso-990 dari Selat Durian, dekat perairan Batam, Kepulauan Riau, Rabu (26/2) lalu.

Selasa siang, sampel darah itu diantar Kopaska Koarmarda I ke KRI Semarang-594. Selanjutnya, sampel darah itu dibawa menggunakan helikopter milik KRI Semarang-594 ke Jakarta. "Itu sampel darah dari 188 peserta observasi kapal World Dream yang sebelumnya belum selesai diambil," kata Kepala Pusat Krisis Kesehatan Kementerian Kesehatan RI dr Budi Silvana.

Baca Juga: Hasil tes virus corona terhadap 67 WNI kru kapal pesiar Diamond Princess negatif

Budi menjelaskan, pemeriksaan sampel darah itu hanya melengkapi pemeriksaan yang sudah dilakukan sebelumnya karena semua awak kapal itu negatif dari virus corona. Peserta observasi dari 188 pekerja kapal World Dream dari Hong Kong sudah memulai proses observasi sejak Jumat (28/2).

Mereka didampingi 67 petugas kesehatan selama 14 hari observasi. Sementara itu, seluruh pekerja kapal warga negara Indonesia (WNI) Diamond Princess akan dipindahkan ke Pulau Sebaru kecil pada Rabu ini.

Mereka baru dipindahkan karena masih menunggu hasil pemeriksaan Polimerase Chain Reaction (PCR) oleh tim Kementerian Kesehatan. Mereka berada di KRI dr Soeharso-990 sebelum dipindahkan ke Pulau Sebaru Kecil.

KRI dr Soeharso-990 berlabuh sekitar tiga kilometer dari dermaga Pulau Sebaru Kecil. Kapal itu berada sekitar satu kilometer dari KRI Semarang-594 sebagai pusat komando selama proses observasi di Pulau Sebaru Kecil, Kabupaten Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. KRI dr Soeharso-990 tiba di Pulau Sebaru, Senin (2/3) sekitar pukul 18.00 WIB.

Baca Juga: Bandara dinilai kurang persiapan pemeriksaan corona, ini kata Kemenhub

Kapal itu datang dari arah Tenggara Pulau Sebaru dan berlabuh tepat diantara Pulau Sebaru Kecil dan Pulau Pantara. KRI dr Soeharso-990 berangkat dari pelabuhan PLTU Indramayu, Senin, sekitar pukul 06.00 WIB, yang membawa 69 pekerja kapal Diamond Princess dan 10 kru penjemput dari Yokohama Jepang.

Para penumpang kapal, akan memulai proses observasi Corona Virus (Covid-19) di Pulau Sebaru, mengikuti 188 pekerja kapal World Dream dari Hongkong sudah memulai proses observasi sejak Jumat (28/2). (Sandro Gatra)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Sampel Darah 188 ABK World Dream Sudah Lengkap.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×