kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pasukan perdamaian asal Indonesia gugur di Kongo, Menlu Retno sampaikan bela sungkawa


Rabu, 24 Juni 2020 / 08:26 WIB
Pasukan perdamaian asal Indonesia gugur di Kongo, Menlu Retno sampaikan bela sungkawa
ILUSTRASI. Ilustrasi pasukan perdamaian PBB Indonesia. REUTERS/ Karamallah Daher


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Seorang anggota TNI, Serma Rama Wahyudi, yang bertugas dalam misi perdamaian PBB di Republik Demokratik Kongo (Monusco) gugur. Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi menyampaikan bela sungkawa.

Serma Wahyudi diketahui gugur setelah rombongan patrolinya diserang oleh milisi di dekat Beni, kota di Provinsi Kivu Utara, pada Senin (22/6/2020) malam waktu setempat. "Penghargaan setinggi-tingginya kepada almarhum Serma Rama Wahyudi atas pengabdiannya dalam menjaga perdamaian dunia. Semoga keluarga yang ditinggalkan selalu diberikan ketabahan," kata Retno dalam keterangan tertulis, Rabu (24/6/2020).

Baca Juga: Satu tentara Indonesia yang bertugas di Kongo gugur karena serangan milisi

Dari informasi yang diterima, terdapat dua personel TNI yang menjadi korban dalam serangan tersebut. Serma Wahyudi dinyatakan meninggal dunia. Sedangkan korban lainnya, Prt M Syafii Makbul masih dalam perawatan intensif. "Dewan Keamanan PBB telah mengutuk keras serangan kepada MONUSCO dan meminta otoritas Kongo untuk melakukan investigasi dan membawa pelakunya ke meja pengadilan," kata Retno.

Sebagai kontributor personel misi perdamaian PBB terbesar ke-8 di dunia, ia menambahkan, Indonesia selalu aktif dalam menyerukan pentingnya peningkatan keamanan dan keselamatan personel di misi perdamaian pada forum-forum PBB. Monusco adalah salah satu misi pemelihara perdamaian PBB, dan merupakan misi PBB terbesar kedua di dunia.

Baca Juga: Foto heroik saat pasukan TNI menghadang tank Markava Israel di perbatasan Lebanon

Saat ini terdapat 1.047 orang personel dari Indonesia yang ditugaskan disana. Kabar meninggalnya Serma Wahyudi pertama kali disampaikan oleh perwira komunikasi Misi Stabilisasi PBB untuk RD Kongo (Monusco) Sy Koumbo.

"Satu anggota Helm Biru (pasukan perdamaian PBB) gugur dan satunya terluka namun tidak serius. Saat ini kondisinya stabil," kata Koumbo seperti dilaporkan AFP, Selasa (23/6/2020).




TERBARU

[X]
×