kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45672,14   1,07   0.16%
  • EMAS916.000 -1,08%
  • RD.SAHAM 0.54%
  • RD.CAMPURAN 0.26%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.10%

Panglima TNI menyatakan kesiapan terkait proses evakuasi WNI di Wuhan


Kamis, 30 Januari 2020 / 12:16 WIB
Panglima TNI menyatakan kesiapan terkait proses evakuasi WNI di Wuhan
ILUSTRASI. Panglima TNI sudah siap untuk melakukan proses evakuasi WNI di Wuhan China

Reporter: Rahma Anjaeni | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Marsekal Hadi Tjahjanto menyatakan kesiapan TNI terkait dengan proses evakuasi warga negara Indonesia (WNI) di Wuhan, China.

Lebih lanjut Hadi bilang, TNI telah menyiapkan beberapa hal pendukung untuk proses evakuasi, seperti pesawat dan tenaga medis. Selain itu, Hadi juga telah memerintahkan Kepala Pusat Kesehatan (Kapuskes) bersama dengan Dinas Kesehatan (Diskes) angkatan TNI untuk menyiapkan berbagai peralatan yang harus dibawa saat evakuasi.

"Lima hari yang lalu juga saya perintahkan Kapuskes TNI bersama Diskes angkatan menyiapkan peralatan apa saja yang harus dibawa, termasuk baju astronot dan termasuk ruang isolasi itu juga saya minta, serta untuk memonitor panas tubuh manusia," kata Panglima TNI, Kamis (30/1).

Baca Juga: Menkes: Rencana evakuasi WNI dari Wuhan China diputuskan siang ini

Karena sudah siap, kini TNI tinggal melakukan koordinasi dengan Menteri Luar Negeri (Menlu) terkait dengan jadwal keberangkatan.

Selain pesawat milik TNI, menurut Hadi tak menutup kemungkinan apabila nantinya evakuasi juga dilakukan menggunakan pesawat sipil. "Seandainya pun mencarter pesawat sipil, itu juga itu adalah sudah menjadi pertimbangan dari Menlu," lanjut Hadi. 

Selain itu, pertimbangan apakah nantinya pasukan TNI juga ikut di dalam pesawat sipil, Hadi bilang semua tergantung perintah dari Menlu. Menurutnya, yang terpenting sekarang adalah pihaknya selalu siaga kapanpun dibutuhkan oleh Menlu.

Baca Juga: Menlu Retno: 243 WNI berada di 15 titik karantina di China

"Kami menunggu perintah dari Menlu. Ini leading sector adalah Menlu, yang penting kami siap, kapan Menlu minta bantuan kami siap," tegas Hadi.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×