kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45877,10   -5,83   -0.66%
  • EMAS937.000 0,43%
  • RD.SAHAM -0.64%
  • RD.CAMPURAN -0.17%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.01%

Menkeu: Bonus demografi harus dimanfaatkan agar masyarakat tidak menua sebelum kaya


Kamis, 29 Agustus 2019 / 20:04 WIB
Menkeu: Bonus demografi harus dimanfaatkan agar masyarakat tidak menua sebelum kaya
Menkeu Sri Mulyani saat Manager Forum XLI MNC Group

Reporter: Elisabeth Adventa | Editor: Tendi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indonesia diproyeksikan berpotensi mengalami bonus demografi pada tahun 2020 hingga 2024 mendatang. Momentum ini tentu bisa jadi peluang sekaligus tantangan bagi pemerintah. Ada negara yang berhasil mengelola bonus demografinya, namun ada pula yang tidak.

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani menyatakan bahwa Indonesia harus memanfaatkan bonus demografi yang akan dihadapi beberapa tahun ke depan. Sehingga nantinya tidak mengalami krisis populasi yang tengah dialami China saat ini.

Baca Juga: Presiden Jokowi masih belum putuskan kenaikan iuran JKN

Negeri Tirai Bambu tersebut tengah menghadapi persoalan dimana kondisi demografinya, secara mayoritas adalah penduduk usia tua. Mayoritas penduduk tersebut tidak memiliki finansial yang baik untuk menopang masa tua mereka. Sedangkan di sisi lain angka kelahiran menurun.

"Indonesia akan kehilangan momentum jika tidak segera memanfaatkan bonus demografi, karena struktur penduduk berubah dengan sangat cepat. Jangan sampai di masa depan banyak penduduk Indonesia menua sebelum kaya," ungkap Sri Mulyani dalam acara Manager Forum XLI MNC Group di iNews Tower, Jakarta Pusat, Kamis (29/8).

Saat ini Indonesia tengah menikmati bonus demografi dan mayoritas penduduk merupakan usia muda produktif. Oleh sebab itu, bonus ini harus dimanfaatkan sebelum akhirnya selesai pada tahun 2030 mendatang.

Baca Juga: Komisi XI DPR setuju pertumbuhan ekonomi 2020 sebesar 5,3%

"Karena nanti yang muda ini akan semakin tua karena umur tidak bisa dilawan. Tapi kalau nanti anaknya malah lebih sedikit, semakin tua tapi tidak memiliki tabungan, maka yang ada Indonesia mendapatkan generasi yang semakin menua tanpa punya kecukupan menopang kehidupan masa tuanya," jelas Sri Mulyani.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Menagih Utang Itu Mudah Batch 5 Data Analysis & Visualization with Excel Batch 3

[X]
×