kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,84   4,26   0.48%
  • EMAS1.357.000 -0,07%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Macam-Macam Kegiatan Ekonomi di Masyarakat serta Contoh Setiap Kegiatan Ekonomi


Selasa, 07 Februari 2023 / 20:25 WIB
Macam-Macam Kegiatan Ekonomi di Masyarakat serta Contoh Setiap Kegiatan Ekonomi


Penulis: Tiyas Septiana

KONTAN.CO.ID - Setiap hari kita selalu melakukan berbagai kegiatan ekonomi, hanya saja kita tidak sadar akan hal tersebut.

Kegiatan ekonomi merupakan kegiatan yang penting dilakukan oleh manusia. Tanpa sadar kita selalu melakukan kegiatan ini hampir setiap harinya.

Bersumber dari situs Direktorat SMP Kementerian Pendidikan, Riset, dan teknologi (Kemendikbud Ristek), kegiatan ekonomi adalah aktivitas yang dilakukan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. 

Jika kita amati, setiap orang pasti melakukan kegiatan kegiatan ekonomi untuk memenuhi kebutuhan mereka baik pokok maupun sekunder.

Baca Juga: Lowongan Kerja Terbaru 2023 di BUMN PT KIW, Fresh Graduate Bisa Daftar

Tanpa adanya kegiatan tersebut manusia tidak bisa bertahan hidup karena kebutuhannya tidak terpenuhi dengan baik.

Terdapat tiga macam kegiatan ekonomi yang biasa dilakukan oleh masyarakat yaitu produksi, distribusi, dan konsumsi. 

Berikut ini penjelasan masing-masing jenis kegiatan ekonomi manusia, dirangkum dari situs Direktorat SMP Kemendikbud Ristek.

Kegiatan ekonomi Produksi

Jenis kegiatan pokok ekonomi yang pertama adalah produksi. Kegiatan ini adalah kegiatan untuk menghasilkan sesuatu baik barang maupun jasa. 

Produksi biasa dilakukan oleh produsen dalam rangka menghasilkan barang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat atau konsumen. 

Produsen melakukan produksi dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan konsumen dan mencari keuntungan dari menghasilkan suatu produk atau jasa. 

Contoh kegiatan ekonomi produksi adalah pabrik pembuatan baju yang memproduksi baju, pabrik pembuatan sirup, dan lain-lain.

Kegiatan ekonomi distribusi

Setelah barang diproduksi oleh produsen, kegiatan ekonomi selanjutnya yang berlangsung adalah distribusi. Kegiatan ini adalah sebuah kegiatan menyalurkan barang atau jasa hasil produksi kepada konsumen. 

Pihak yang melakukan kegiatan distribusi disebut dengan distributor. Tugas utama dari kegiatan ini adalah membeli barang atau jasa dari produsen kemudian menjualnya kembali ke konsumen atau pembeli. 

Ada tiga jenis distributor yaitu pedagang besar atau grosir, pedagang kecil atau retail, dan perantara. 

Baca Juga: Universitas Pertamina Buka Pendaftaran Calon Maba 2023 Tanpa Tes, Ini Syaratnya

Pedagang grosir adalah pembeli yang membeli dan menjual barang dalam jumlah yang besar. Sedangkan pedagang kecil membeli barang dari pedagang besar kemudian dijual kepada konsumen.

Perantara bertugas untuk memperantarakan kegiatan ekonomi antara produsen dengan konsumen. Contoh dari kegiatan ekonomi distribusi adalah toko kelontong yang menjual berbagai produk dari produsen kepada konsumen. 

Kegiatan ekonomi konsumsi

Kegiatan ekonomi yang terakhir adalah kegiatan konsumsi. Kegiatan ini selalu dilakukan oleh manusia dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya. 

Konsumsi merupakan kegiatan ekonomi yang menghabiskan nilai guna suatu barang atau jasa secara bertahap atau sekaligus. 

Kegiatan konsumsi bisa terjadi dengan dua cara yaitu produsen menjual langsung ke konsumen atau konsumen membeli melalui distributor. 

Contoh kegiatan ekonomi konsumsi adalah mahasiswa membeli kebutuhan praktikum di toko bahan kimia, atau ibu rumah tangga yang membeli tahu di pedagang pasar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×