kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

KUR, cara pemerintah jadikan Indonesia lebih mandiri secara ekonomi


Minggu, 22 September 2019 / 19:08 WIB

KUR, cara pemerintah jadikan Indonesia lebih mandiri secara ekonomi
ILUSTRASI. Perajin kacamata kayu

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah inginkan Indonesia menjadi lebih mandiri secara ekonomi. Salah satu caranya ialah dengan memanfaatkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk pembiayaan, kapasitas daya saing usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) juga diharapkan dapat tumbuh.

Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian  Susiwijono dalam acara Rembuk Nasional Transformasi Ekonomi Menuju Indonesia Mandiri bertajuk “Pemanfaatan KUR Untuk Kemandirian Ekonomi"  mengatakan melalui KUR, pemerintah berhadap bisa mendorong pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja.

Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kemenko Perekonomian Iskandar Simorangkir menambahkan, semangat dari program KUR ini adalah kebijakan pemerataan ekonomi.

Baca Juga: Hingga Agustus penyaluran pembiayaan ultra mikro lewat koperasi Rp 704 miliar

Kebijakan tersebut diperlukan untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang inklusif guna mengatasi ketimpangan pendapatan.

Menurut Iskandar, sebagai bentuk dukungan terhadap sektor UMKM, pemerintah terus mempermudah dan menurunkan suku bunga KUR.

“Sejak 2018 hingga kini, suku bunga KUR hanya sebesar 7%. Jadi kita ingin benar-benar membantu masyarakat kecil, membantu usaha mikro,” terang Iskandar dalam keterangan resminya, Jumat (20/9).

Berdasarkan data Kementerian Perekonomian total realisasi penyaluran KUR dari Agustus 2015 sampai dengan 31 Juli 2019 sebesar Rp 421,99 triliun dengan outstanding Rp 150,9 triliun, dan Non Performing Loan (NPL) 1,38%.

Baca Juga: Dimodali asing, bank-bank baru hasil merger berebut segmen kredit UMKM

Sedangkan untuk penyaluran KUR tahun 2019, sampai dengan 31 Juli 2019 sudah mencapai Rp 88,71 triliun atau 63,36% dari target tahun 2019 sebesar Rp 140 triliun.

Penyaluran KUR di 2019 tersebut masih didominasi untuk skema KUR Mikro yakni 64,75% diikuti dengan skema KUR Kecil sebesar 34,87% dan sisanya KUR untuk TKI 0,39%.

“Kinerja ini menunjukkan keberpihakan pemerintah terhadap pemerataan akses pembiayaan untuk usaha kecil,” kata iskandar.


Reporter: Yusuf Imam Santoso
Editor: Yudho Winarto

Video Pilihan


Close [X]
×