kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45901,40   8,81   0.99%
  • EMAS1.332.000 0,60%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kasus Covid-19 Melonjak, Jokowi Tegaskan Keterisian Rumah Sakit Masih Terkendali


Kamis, 03 Februari 2022 / 22:27 WIB
Kasus Covid-19 Melonjak, Jokowi Tegaskan Keterisian Rumah Sakit Masih Terkendali
ILUSTRASI. Kasus Covid-19 Melonjak, Jokowi Tegaskan Keterisian Rumah Sakit Masih Terkendali


Sumber: Kompas.com | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Presiden Joko Widodo mengatakan, meski kasus harian Covid-19 mengalami lonjakan tetapi keterisian rumah sakit (RS) di Indonesia masih terkendali.  Sehingga masyarakat diminta untuk tetap tenang menghadapi kondisi yang ada. 

"Meski varian Omicron memiliki tingkat penularan yang tinggi, tetapi tingkat fatalitasnya lebih rendah dibandingkan varian Delta. Ini bisa terlihat dari kasus Covid-19 di beberapa negara, di mana tingkat keterisian rumah sakit relatif rendah," ujar Jokowi dalam keterangan video yang disiarkan langsung dari Kota Medan pada Kamis (3/2/2022) malam. 

"Hal ini juga termasuk di negara kita, Indonesia, meskipun kasusnya melonjak cukup tinggi, namun keterisian di rumah sakit masih terkendali. Sehingga masyarakat diharapkan tetap tenang," lanjutnya. 

Baca Juga: Reksadana dan Surat Berharga Negara Bisa Jadi Pilihan Investasi Bagi Pemula

Jokowi tidak menjelaskan secara rinci berapa persen tingkat keterisian RS saat ini. Dia hanya menegaskan, pemerintah telah memperkirakan dan mengantisipasi lonjakan tersebut dengan sejumlah persiapan yang lebih baik dari tahun lalu. 

"Dengan kesiapan-kesiapan kita yang sudah jauh lebih baik dibandingkan tahun-tahun lalu, baik dari segi rumah sakit, obat-obatan dan oksigen, fasilitas isolasi, maupun tenaga kesehatan," tuturnya. 

Lebih lanjut Jokowi menuturkan, pasien terdampak varian Omicron juga dapat disembuhkan tanpa harus ke RS. 

Pasien yang terpapar varian ini cukup melakukan isolasi secara mandiri di rumah, minum obat dan multivitamin, serta segera tes kembali setelah lima hari. 

Baca Juga: IHSG Ditutup Merah di Akhir Perdagangan Kamis (3/2)

Pada kesempatan tersebut, Jokowi juga menyatakan telah memerintahkan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan selaku dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto untuk segera mengevaluasi level PPKM. 




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×