kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45823,04   -9,71   -1.17%
  • EMAS948.000 -0,52%
  • RD.SAHAM -0.61%
  • RD.CAMPURAN -0.21%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.07%

Jualan di Shopee, Beri Dampak Signifikan Bagi Peritel Elektronik Ini


Sabtu, 19 Juni 2021 / 22:20 WIB
Jualan di Shopee, Beri Dampak Signifikan Bagi Peritel Elektronik Ini
ILUSTRASI. Kontan - Shopee Kilas Online

Reporter: Tim KONTAN | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Transformasi digital dan industri 4.0 akan membawa dampak yang sangat besar terhadap perekonomian Indonesia. Tak pelak, pelaku industry kecil dan menengah pun ikut beradaptasi.

Salah satunya peritel dan distributor elektronik Mitraanda88. Bisnis Mitraanda88 bermula dari menjadi distributor untuk produk alat-alat listrik, kabel, dan elektronik rumah tangga. Berawal sebagai bisnis offline, toko Andre yang berpusat di Surabaya juga menyalurkan produk-produknya ke toko-toko di 11 daerah hingga ke Bali dan Kalimantan.

Andre, Pemilik Mitraanda88 mengatakan peluang platform online yang begitu besar pasca melihat pemerintah yang gencar mengkampanyekan era digital 4.0. Akhirnya, ia memutuskan untuk bergabung dengan Shopee pada tahun 2018. Tidak perlu waktu yang lama, penjualan produk elektronik Mitraanda88 pun langsung disambut antusias oleh pengguna Shopee.

“Setelah berjalan 21 tahun berjualan secara offline, bergabung dengan Shopee merupakan keputusan yang tepat yang kami ambil. Penjualan kami dari awal berjalan sesuai harapan dan meningkat drastis dibandingkan dengan channel penjualan kami lainnya,” kata Andre.

Di masa pandemi yang mengharuskan masyarakat menghabiskan lebih banyak waktu di rumah, Mitraanda88 akhirnya memutuskan untuk memfokuskan penjualan produknya secara online melalui Shopee. Dengan kampanye yang diikuti dan promo di Shopee yang diberikan sepanjang pandemi, penjualan di toko Andre mengalami peningkatan sebesar 3 kali lipat. Bahkan rata-rata pesanan bulanan tokonya di Shopee dapat mencapai hingga puluhan ribu.

“Lewat Shopee, kami dapat menjangkau pembeli di daerah-daerah lain yang lebih luas lagi, sehingga akhirnya kami memutuskan untuk memfokuskan penjualan online kami melalui platform Shopee,” kata Andre.

Andre juga melihat bahwa Shopee telah menciptakan kepercayaan masyarakat untuk melakukan pembelian produk elektronik secara online. Terlebih dengan kecanggihan teknologi dan sistem keamanan yang Shopee miliki, masyarakat semakin mengandalkan kemudahan transaksi melalui platform online untuk memenuhi kebutuhan mereka termasuk untuk produk elektronik.

“Kami sangat merasa terbantu dengan program yang Shopee berikan seperti kampanye-kampanye besar, fitur flash sale, voucher toko, fitur game, dan masih banyak lainnya yang dapat membantu memberi eksposur ke toko kami dan meningkatkan penjualan,” tambahnya.

Dapat mengekspor produk tokonya merupakan cita-cita yang Andre miliki sejak lama. Program ekspor Shopee telah berhasil mewujudkan mimpinya sebagai pelaku usaha lokal untuk dapat menembus pasar internasional. Bersama Shopee mulai di tahun 2019, produk-produk Mitraanda88 kini dapat dibeli di negara-negara seperti Malaysia, Singapura, Filipina, dan sekarang juga sudah menjangkau pasar-pasar baru ekspor Shopee seperti Thailand dan Vietnam.

Kedepannya, Andre akan terus fokus untuk meningkatkan penjualan toko Mitraanda88 sehingga bisa berdampak positif dan bermanfaat bagi masyarakat Indonesia lewat perluasan lapangan kerja.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×