kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45725,83   16,46   2.32%
  • EMAS914.000 0,11%
  • RD.SAHAM 0.55%
  • RD.CAMPURAN 0.20%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Pasar mobil dan sepeda motor masih lesu, kok Jadi incaran cukai


Kamis, 20 Februari 2020 / 11:10 WIB
Pasar mobil dan sepeda motor masih lesu, kok Jadi incaran cukai
ILUSTRASI. Konsumen mengamati motor yang dipajang di diler Tangerang Selatan, Selasa (7/1). Beberapa perusahaan multifinance yang memiliki izin Unit Usaha Syariah (UUS) akan menggeber pembiayaan syariah di 2020 dengan menambah kantor cabang baru di Indonesia serta m

Reporter: Grace Olivia, Muhammad Julian, Syamsul Ashar | Editor: Syamsul Azhar

KONTAN.CO.ID - Penjualan kendaraan bermotor baik mobil maupun sepeda motor yang moncer dalam beberapa tahun terakhir menjadi perhatian serius bagi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuanga. Jadi wajar jika Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengusulkan agar mobil dan sepeda motor menjadi objek barang kena cukai (BKC) yang baru untuk menopang penerimaan negara.

Lalu berapa besar sejatinya penjualan kendaraan bermotor baik mobil maupuin sepeda motor di Indonesia yang akan dikenai cukai?

Berdasarkan Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), total penjualan sepeda motor sepanjang Januari-Desember 2019 lalu mencapai 6.487.460 unit. Jika dibandingkan dengan tahun 2018  angka penjualan sepeda motor ini naik tipis 1,63%. Adapun menurut catatan KONTAN penjualan sepeda motor  sepanjang 2018 mencapai 6.383.108 unit.

Baca Juga: Sri Mulyani usulkan kendaraan bermotor dikenai cukai

Sementara panjualan mobil periode yang sama juga tidak begitu menggembirakan. Total penjualan mobil secara wholesales yakni dari pabrikan ke diler sepanjang Januari-Desember 2019 mencapai  1.030.126 unit. Angka ini berarti mengalami penurunan sebesar 10,6% jika dibandingkan dengan realisasi penjualan sepanjang setahun sebelumnya yang mencapai 1.151.413.

Kondisi penjualan mobil juga belum pulih di awal tahun ini. Menurut catatan KONTAN berdasarkan data dihimpun oleh PT Astra International Tbk (ASII), total penjualan di pasar domestik pada Januari 2020 mencapai 79.983 unit. Angka ini mengalami penurunan sekitar 2,44% apabila dibandingkan dengan data penjualan wholesales pada Januari 2019 merujuk kepada sumber yang sama.

Baca Juga: Pungutan cukai mobil dan sepeda motor bisa hasilkan Rp 15,7 triliun

Catatan angka penjualan mobil dan sepeda motor itulah yang menjadi dasar Kementerian Keuangan berencana mengenakan cukai terhadap kendaraan bermotor. Pungutan cukai kendaraan bermotor ini berdasarkan pada gas buang atau emisi gas karbondioksida (CO2) dari kendaraan tersebut. 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×