kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.543.000   4.000   0,26%
  • USD/IDR 15.834   -94,00   -0,60%
  • IDX 7.462   -30,39   -0,41%
  • KOMPAS100 1.155   -4,60   -0,40%
  • LQ45 914   -6,43   -0,70%
  • ISSI 227   0,61   0,27%
  • IDX30 470   -4,56   -0,96%
  • IDXHIDIV20 567   -5,69   -0,99%
  • IDX80 132   -0,48   -0,36%
  • IDXV30 141   0,34   0,24%
  • IDXQ30 157   -1,24   -0,78%

Indonesia selalu gagal hadapi perdagangan bebas


Senin, 27 Januari 2014 / 21:21 WIB
Indonesia selalu gagal hadapi perdagangan bebas
ILUSTRASI. Prakiraan BMKG cuaca hari ini Rabu (7/9) di Jawa dan Bali cerah berawan hingga hujan ringan. ANTARA FOTO/Didik Suhartono.


Sumber: Kompas.com | Editor: Hendra Gunawan

JAKARTA. Ekonom Didik J Rachbini menyatakan Indonesia selalu gagal dalam menghadapi perdagangan bebas. Padahal, ibarat ujian kenaikan kelas, momentum tersebut sangat penting bagi Indonesia dan Indonesia tak berhasil.

"Kita ini banyak menghadapi kebijakan ekonomi global seperti Komunitas Ekonomi ASEAN (ASEAN Economic Community/AEC). Ini sebenarnya seperti ujian naik kelas, yang sebenarnya itu momentum penting. Tapi (kita) celaka terus, karena tidak dipersiapkan," kata Didik ditemui usai diskusi di Menara Kadin, Jakarta, Senin (27/1).

Didik menuding perjanjian perdagangan bebas antara ASEAN dan China menjadi biang kerok dari defisit perdagangan Indonesia. Ia menengarai, hal tersebut terjadi lantaran basis produksi di dalam negeri tidak dipersiapkan dengan baik.

"Dan itu dimulai dari zaman Megawati, lalu SBY, dan (sekarang) ditambah-tambah lagi objek liberalisasinya," ujarnya.

Perdagangan internasional, lanjut Didik, ibarat pula bermain kartu. Jika lawan membuka satu kartu, maka Indonesia juga membuka saja satu kartu.

"Jangan sana buka 1, kita buka 5. Sekarang begitu juga AEC. Dari negara di kawasan yang paling diuntungkan itu Singapura," lanjut Didik.

Menurutnya, Singapura dengan jumlah penduduk (pasar) yang sangat sedikit, namun unggul dalam jasa, akan mendapat banyak keuntungan dari AEC. Sebaliknya, Indonesia, negara dengan penduduk terbesar ke-4 dunia merupakan pasar yang menarik diperebutkan di kawasan ASEAN.

"Singapura pasarnya kecil, kita pasarnya besar. Itu satu kenaifan yang tidak pernah kita pikirkan. Makanya, yang sangat kita perlukan adalah diplomasi yang kuat dalam investasi dan perdagangan," pungkasnya. (Estu Suryowati)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Survei KG Media

TERBARU
Kontan Academy
Advokasi Kebijakan Publik di Era Digital (Teori dan Praktek) Mengenal Pentingnya Sustainability Reporting

[X]
×