kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45823,04   -9,71   -1.17%
  • EMAS953.000 0,85%
  • RD.SAHAM -0.46%
  • RD.CAMPURAN -0.09%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.01%

Indonesia dan Korea Selatan menjalin kerja sama dalam menangani pandemi Covid-19


Jumat, 25 Juni 2021 / 15:24 WIB
Indonesia dan Korea Selatan menjalin kerja sama dalam menangani pandemi Covid-19
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi bersama Menteri Luar Negeri Korea Selatan Chung Eui-yong memperlihatkan dokumen kerja sama saat melakukan pertemuan bilateral di Gedung Pancasila, Jakarta, Jumat (25/6/2021).

Reporter: Abdul Basith Bardan | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indonesia dan Korea Selatan menjalin kerja sama dalam menangani pandemi virus corona (Covid-19). Indonesia melalui Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) bersama Korean International Cooperation Agency (Koica) menandatangani Minutes of Understanding on Inclusive Program for Covid-19 Response senilai US$ 4 juta.

"Bertujuan mendukung berbagai program penanggulangan pandemi serta dampak sosial ekonominya di Indonesia," ujar Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi saat konferensi pers bersama Menteri Luar Negeri Korsel Chung Eui-yong, Jumat (25/6).

Selain itu, Indonesia dan Korsel juga melakukan kerja sama di sektor kesehatan. Kedua negara bekerja sama melakukan pengembangan vaksin.

Baca Juga: Virus Covid-19 terus bermutasi, ini gejala terbaru menurut ahli

Kerja sama dilakukan antara PT. Kalbe Farma dan Genexine. Rencananya vaksin tersebut akan melakukan uji klinis tahap 2 dan 3 di Jakarta dan Jawa Tengah pada Juli 2021. "Jika semua tahapan terlewati dengan baik, maka diharapkan vaksin akan tersedia di akhir tahun 2021," terang Retno.

Selain itu, ada pula pengembangan terapeutik. Kerja sama antara National Institute of Health Research and Development and Daewoong Infion; serta PT Kalbe Farma dan Genexine (GX-17) dilakukan dalam produksi obat Covid-19 yang saat ini sudah dalam tahap pengujian.

Retno juga menambahkan adanya kerja sama alat diagnostik. Hal itu dilakukan dengan adanya rencana prospek investasi perusahaan diagnostik Korea SD Biosensor dan Sugentech untuk membuka pabriknya di Indonesia. "Berbagai kerja sama ini tentunya diharapkan dapat memperkuat industri kesehatan nasional dan meningkatkan kesiapsiagaan kita menghadapi ancaman pandemi di masa depan," jelasnya.

Indonesia sebelumnya juga telah melakukan berbagai kerja sama dengan Korsel di tengah pandemi Covid-19. Kerja sama dilakukan dalam hal pengadaan Alat Pelindung Diri (APD), peralatan diagnostik, dan obat-obatan.

Selanjutnya: BPK: Triliunan insentif dan fasilitas pajak dalam anggaran covid tak sesuai ketentuan

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
MiniMBA on Problem Solving using world class consultants approach Sukses Memimpin: Kunci Kepemimpinan Asertif Batch 2

[X]
×