kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45697,73   -32,02   -4.39%
  • EMAS946.000 -1,77%
  • RD.SAHAM -0.69%
  • RD.CAMPURAN -0.34%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Iklim dunia usaha membaik ditopang semua sektor industri


Kamis, 12 Juli 2018 / 23:20 WIB
Iklim dunia usaha membaik ditopang semua sektor industri
ILUSTRASI. Logo Bank Indonesia (BI)

Berita Terkait

Reporter: Arsy Ani Sucianingsih | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bank Indonesia (BI) merilis survei kegiatan dunia usaha (SKDU). Di mana hasil survei yang dilakukan pada kuartal II tersebut menunjukkan peningkatan di bandingkan kuartal I 2018.

Hal ini tercermin dari Saldo Bersih Tertimbang (SBT) sebesar 20,89% pada triwulan II-2018, meningkat dari 8,23% pada triwulan I-2018. Peningkatan kegiatan usaha terutama terjadi pada sektor industri pengolahan (SBT 3,96%).


Perbaikan sektor industri pengolahan juga tercermin pada Prompt Manufacturing Index (PMI) – SKDU yang berada pada fase ekspansi pada triwulan II-2018 dengan indeks sebesar 52,40%

Kepala Departemen Statistik BI Yati Kurniati mengatakan, selain mengalami perbaikan siklus pertumbuhan ekonomi dan hasil survei BI tersebut memperlihatkan pertumbuhan di semua sektor membaik, terutama industri pengolahan, perdagangan, hotel, dan restoran, jasa keuangan, real estate, dan jasa perusahaan.

Yati melanjutkan, industri pengolahan yang membaik di topang pada ada bulan Ramadan dan lebaran di tambah lagi dengan adanya cuti bersama yang diperpanjang. Selain itu, hal ini juga sejalan dengan peningkatan penggunaan kapasitas.

Menurutnya, kapasitas yang digunakan itu meningkat dibandingkan kapasitas utilisasi sebelumnya bahwa terjadi peningkatan penggunaan kapasitas jadi capacity utilization dari kapasitas terpasangnya makin tinggi yang digunakan semula di sini 76% menjadi 78,4%.

“Semua menunjukkan peningkatan dibandingkan dengan kapasitas pasangnya ini penggunaannya untuk pertanian adalah sebesar 77,1% dan ini meningkat dibandingkan sebelumnya yang 77,04%,” ujarnya saat konferensi pers di Gedung BI, Kamis (12/7).

Selain itu, yang paling tinggi adalah penggunaan kapasitas pada perusahaan perusahaan listrik gas dan air minum. Penggunaan kapasitas dari sektor industri juga lebih baik di sini menjadi 75% dan juga pertambangan jadi semua arahnya sejalan bahwa perbaikan ekonomi di kwartal II dibandingkan Kuartal I diikuti dengan peningkatan kapasitas utilization.

Dia menjelaskan, selain dunia usaha, Hasil investasi dunia usaha kuartal II 2018 juga meningkat. Menurutnya, pada saat kuartal I investor masih berjaga-jaga, dan lebih menggunakan kapasitas yang ada, sedangkan pada kuartal II sudah mulai meningkat. “Tak hanya di manufaktur, tapi juga di jasa keuangan, jasa perusahaan, dan real estate,” tambahnya.




TERBARU

Close [X]
×