CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.470.000   4.000   0,27%
  • USD/IDR 15.946   -52,00   -0,33%
  • IDX 7.170   -44,98   -0,62%
  • KOMPAS100 1.096   -6,56   -0,60%
  • LQ45 873   -3,12   -0,36%
  • ISSI 217   -1,51   -0,69%
  • IDX30 447   -1,07   -0,24%
  • IDXHIDIV20 540   0,64   0,12%
  • IDX80 126   -0,68   -0,54%
  • IDXV30 136   0,26   0,20%
  • IDXQ30 149   -0,14   -0,09%

Harga Pangan Naik, Penjualan Ritel Berpotensi Terkoreksi pada Februari 2024


Jumat, 15 Maret 2024 / 04:10 WIB
Harga Pangan Naik, Penjualan Ritel Berpotensi Terkoreksi pada Februari 2024
ILUSTRASI. Konsumen berbelanja di sebuah supermarket di Tangerang Selatan, Jum'at (3/6/2022). KONTAN/Baihaki/3/6/2022


Reporter: Siti Masitoh | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Kinerja penjualan ritel kemungkinan mengalami koreksi pada Februari 2024, akibat adanya kenaikan harga komoditas pangan yang relatif signifikan.

Ekonom Center of Reform on Economic (CORE) Yusuf Rendy Manilet menyampaikan, saat kenaikan harga pangan terjadi, maka akan berimbas pula pada kenaikan inflasi. Kenaikan inflasi ini juga yang akhirnya mempengaruhi pola konsumsi masyarakat.

Dengan kenaikan inflasi, masyarakat yang mulanya gemar berbelanja, kemudian mengerem belanjanya.

“Bagi kelompok tertentu kenaikan inflasi berimbas pada penyesuaian pola konsumsi. Dan penyesuaian inilah yang menurut saya akan berdampak terhadap kinerja dari penjualan ritel itu sendiri,” tutur Yusuf kepada Kontan, Kamis (14/3).

Baca Juga: Kondisi Penjualan Ritel Diprediksi Meningkat Berkat Momentum Puasa dan Lebaran

Yusuf menuturkan, pola konsumsi masyarakat umumnya cenderung meningkat pada momentum tertentu, seperti Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Ramadan dan Lebaran. Akan tetapi, jika dalam waktu bersamaan kondisi inflasi meningkat, maka bisa mempengaruhi pola konsumsi masyarakat juga.

Maka dari itu, jika ingin mendorong pertumbuhan penjualan ritel pada momentum HKBN, Pemerintah harus memastikan kenaikan inflasi pada momen tersebut tidak terlalu signifikan dan tinggi.

Kemudian, di saat bersamaan pemerintah juga harus mempertimbangkan untuk memberikan stimulus tertentu, baik yang bersifat langsung maupun yang tidak langsung untuk mendorong konsumsi masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Advokasi Kebijakan Publik di Era Digital (Teori dan Praktek) Mengenal Pentingnya Sustainability Reporting

[X]
×