kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,75   -27,98   -3.02%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ekonom: Dampak Kenaikan Harga BBM ke Konsumsi Rumah Tangga Akan Terasa di Kuartal IV


Minggu, 11 September 2022 / 18:06 WIB
Ekonom: Dampak Kenaikan Harga BBM ke Konsumsi Rumah Tangga Akan Terasa di Kuartal IV
ILUSTRASI. Ekonom Sebut Dampak Kenaikan Harga BBM ke Konsumsi Rumah Tangga Baru Terasa di Kuartal IV. KONTAN/Fransiskus SImbolon


Reporter: Siti Masitoh | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ekonom Center of Reform on Economics (Core) Indonesia Yusuf Rendy Manilet menilai, dampak kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) terhadap konsumsi rumah tangga sangat minim di kuartal III-2022.

Ini karena pemberian bantuan kenaikan harga BBM baru terjadi di akhir kuartal III alias September ini sekaligus berbarengan dengan pemberian bantuan sosial (bansos) tambahannya. Sehingga dampak yang akan dirasakan sangat minim oleh masyarakat luas.

“Kenaikan harga BBM menurut saya justru akan lebih terasa di Kuartal IV atau mungkin di bulan Oktober,” tutur Yusuf kepada Kontan.co.id, Minggu (11/9).

Baca Juga: Begini Strategi Pertamina Jaga Biaya Operasional Kilang Lebih Efisien

Adapun Ia melihat beberapa indikator utama  seperti penjualan eceran, menunjukkan pertumbuhan secara tahunan penjualan eceran di bulan Juli dan Agustus relatif masih berada pada level pertumbuhan yang positif.

Hanya saja memang catatan perlu disampaikan pada bulan Agustus pertumbuhan secara tahunan itu lebih rendah jika dibandingkan dengan pertumbuhan di bulan Juli.

Artinya di bulan Agustus dampak dari kenaikan secara umum harga barang,  sudah berdampak terutama ke masyarakat menengah ke bawah, sehingga mereka melakukan penyesuaian pola konsumsi, dan bukan karena adanya kenaikan BBM saja.

Selain itu, hal ini juga yang terlihat dari pertumbuhan dari beberapa komponen yang mengalami penyesuaian. Misalnya pertumbuhan untuk penjualan eceran suku cadang dan aksesoris dan juga perlengkapan rumah tangga lainnya.

Baca Juga: Pemerintah Akan Batasi Penjualan Mobil dan Motor Berbahan Bakar Fosil

“Jadi kalau menurut saya untuk pertumbuhan di Kuartal III memang akan sedikit melandai jika dibandingkan dengan pertumbuhan di Kuartal II,” ungka Yusuf.

Sehingga Ia memproyeksikan pertumbuhan konsumsi rumah tangga di kuartal III-2022 akan berada di kisaran 4,9% hingga 5,2% secara tahunan (year on year/YoY). Turun dari pertumbuhan konsumsi rumah tangga di kuartal II yang sebesar 5,51% YoY.

Sementara itu, secara keseluruhan Yusuf meramal konsumsi rumah tangga tahun ini akan tumbuh 4,9% YoYsampai 5,3% YoY.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×