kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ditjen Perimbangan Keuangan gelar sosialisasi TKDD 2019


Senin, 10 Desember 2018 / 20:04 WIB
Ditjen Perimbangan Keuangan gelar sosialisasi TKDD 2019
ILUSTRASI. Rakor Pengendalian Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa


Reporter: Grace Olivia | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK) Kementerian Keuangan menggelar Sosialisasi Kebijakan Pengelolaan Transfer Dana ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) untuk tahun anggaran 2019.

Sosialisasi digelar dalam rangka menyebarluaskan informasi terkait kebijakan TKDD, sekaligus memberi pemahaman kepada pemerintah daerah dan pemangku kepentingan untuk menyusun APBD di tahun 2019.

Dirjen Perimbangan Keuangan Astera Prima menegaskan, tahun depan pemerintah meningkatkan alokasi TKDD menjadi sebesar Rp 826,77 triliun atau naik 69,8 triliun dari outlook APBN 2018 yang hanya Rp 756,97 triliun.

"Ini menunjukkan komitmen dan keseriusan pemerintah untuk terus memperkuat implementasi otonomi daerah dan desentralisasi fiskal serta secara kontinu," kata Astera di hadapan sekitar 497 anggota pemda yang hadir dalam acara, Senin (10/12).

Astera mengatakan sosialisasi juga dimaksudkan untuk menginformasikan sejumlah poin signifikan dalam kebijakan TKDD 2019.

Antara lain, pengalokasian Dana Alokasi Umum (DAU) yang bersifat final, penganggaran bantuan pendanaan bagi kelurahan, pengalokasian Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk mengurangi kesenjangan layanan dasar publik dengan fokus pada daya saing sumber daya manusia (SDM), termasuk pendidikan, pengentasan stunting, dan infrastruktur daerah,

Juga terkait penajaman kriteria Dana Insentif Daerah (DID) agar lebih mencerminkan prestasi dan kinerja daerah, penguatan pengelolaan Dana Desa melalui distribusi yang adil dan merata, serta penajaman prioritas penggunaan dan pengelolaan TKDD dan APBD yang berdasarkan value for money.

"Diharapkan sosialisasi ini bisa memperkuat sinkronisasi perencanaan atau penganggaran antara belanja kementerian dan lembaga dengan belanja Pemda untuk 2019, serta mempermudah pelaksanaan pengelolaan TKDD 2019," lanjut Astera.

Sebelumnya, sosialisasi serupa juga telah dilakukan di sejumlah kota. Di antaranya, di Balikpapan pada 8 November, Surabaya 13 November, Manado 15 November, dan Denpasar 22 November lalu.

Astera melaporkan, sosialisasi dihadiri mulai dari Kepala Daerah, Kepala Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan & Aset Daerah (PPKAD), Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (BPMD), dan para inspektur daerah dari sekitar 435 daerah.

Adapun, yang menjadi fokus pembahasan dalam sosialisasi hari ini meliputi, pembangunan nasional dalam rangka kerja pemerintah tahun 2019, kebijakan fiskal dan fokus APBN 2019, kebijakan pengalokasian, penggunaan, penyaluran dan pelaporan TKDD tahun 2019, serta tantangan mewujudkan APBD dan pengelolaan keuangan untuk meningkatkan perekonomian desa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×