kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.871.000   -23.000   -1,21%
  • USD/IDR 16.420   -15,00   -0,09%
  • IDX 7.095   -46,49   -0,65%
  • KOMPAS100 1.030   -10,30   -0,99%
  • LQ45 803   -9,10   -1,12%
  • ISSI 223   -2,38   -1,06%
  • IDX30 419   -4,71   -1,11%
  • IDXHIDIV20 502   -8,79   -1,72%
  • IDX80 116   -1,49   -1,27%
  • IDXV30 119   -2,82   -2,32%
  • IDXQ30 138   -1,77   -1,27%

BI: Beberapa bank lokal terkendala bersinergi dengan UMKM


Selasa, 17 Juli 2018 / 16:31 WIB
BI: Beberapa bank lokal terkendala bersinergi dengan UMKM
ILUSTRASI. Logo Bank Indonesia (BI)


Reporter: Kiki Safitri | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bank Indonesia (BI) menyebut 50% dari total 116 bank di Indonesia sudah bersinergi dengan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Padahal yang ditargetkan sebesar 20% pada akhir tahun 2018.

Direktur Kepala Departemen Pengembangan UMKM Yunita Resmi Sari mengatakan adapun bank yang belum bersinergi dengan UMKM adalah bank-bank yang berada dalam Bank Umum Kegiatan Usaha (BUKU) II.

"Kebanyakan bank BUKU II. Bank asing sedikit di bank BUKU II. Saya enggak boleh nyebut banknya," kata Yunita di BI, Selasa (17/7).

Adapun keterbatasan bank tersebut tidak bersinergi dengan UMKM adalah karena persoalan jaringan dan mungkin karena lokal bank yang masih terbatas.

Selanjutnya Yunita menjelaskan bahwa bank asing yang jumlahnya tidak banyak di Indonesia, sebagian sudah mendukung industri UMKM.

"Saya enggak sempat hitung persentasenya tapi lebih dari 50% alhamdulillah. Kebanyakan melalui linkage program dan bekerjasama dengan perusahaan besar yang menjadi pemasok," ujarnya.

Yunita menjelaskan bahwa terdapat 20% dari bank-bank lokal yang belum bisa memenuhi porsi kredit UMKM. Menurutnya hingga bulan Mei 2018 penyaluran kredit untuk sektor UMKM mencapai 20,69%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
AYDA dan Penerapannya, Ketika Debitor Dinyatakan Pailit berdasarkan UU. Kepailitan No.37/2004 Digital Marketing for Business Growth 2025 : Menguasai AI dan Automation dalam Digital Marketing

[X]
×