kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45756,38   -11,60   -1.51%
  • EMAS1.009.000 -1,46%
  • RD.SAHAM -0.64%
  • RD.CAMPURAN -0.30%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Bareng Prabowo, Jokowi tinjau lokasi lumbung pangan di Kalimantan Tengah


Kamis, 09 Juli 2020 / 15:27 WIB
Bareng Prabowo, Jokowi tinjau lokasi lumbung pangan di Kalimantan Tengah
Presiden Joko Widodo meninjau lokasi pengembangan food estate atau lumbung pangan nasional dalam kunjungan kerja ke Provinsi Kalimantan Tengah, Kamis (9/7/2020).

Reporter: Abdul Basith Bardan | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau lokasi lumbung pangan atau food estate di Kalimantan Tengah (Kalteng). Salah satu daerah yang menjadi lokasi food estate terletak di Desa Bentuk Jaya, Kecamatan Dadahup, Kabupaten Kapuas.

Nantinya diharapkan food estate ini dapat menjadi lumbung pangan di luar Pulau Jawa. Sebagai informasi lumbung pangan baru di Kabupaten Kapuas direncanakan menempati lahan potensial seluas 20.704 hektare (ha). Dari jumlah tersebut, lahan yang telah fungsional mencapai 5.840 ha.

Secara keseluruhan, terdapat kurang lebih 165.000 ha lahan potensial di Kalteng untuk menjadi lokaso food estate. Seluas 85.500 ha merupakan lahan fungsional yang sudah berproduksi tiap tahunnya.

Baca Juga: Kementerian PUPR akan rehabilitasi jaringan irigasi 28.000 ha lahan food estate

Korporasi petani akan menjadi basis pengembangan kawasan lumbung pangan baru di Kalteng. Nantinya pertanian akan dilakukan secara terintegrasi mencakup pertanian, perkebunan, bahkan peternakan di suatu kawasan.

Para petani yang menggarap lahan dan peternakan itu selanjutnya akan terkonsolidasi dalam kelompok-kelompok tani dengan terlebih dahulu difasilitasi baik sarana maupun prasarana serta pendukung lainnya.

Turut mendampingi Jokowi dalam kunjungan tersebut adalah tiga menteri yang nantinya bertanggung jawab atas program food estate. Tiga menteri tersebut adalah Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Baca Juga: Garap food estate di Kalimantan Tengah, Kementerian PUPR libatkan Menhan dan BUMN

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×