kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45991,60   -2,56   -0.26%
  • EMAS1.135.000 -0,09%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bank Dunia Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Hanya 4,9% di 2024, Ini Penyebabnya


Minggu, 11 Februari 2024 / 06:58 WIB
Bank Dunia Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Hanya 4,9% di 2024, Ini Penyebabnya
ILUSTRASI. Bank Dunia memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia di tahun ini hanya 4,9%


Reporter: Dendi Siswanto | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID-JAKARTA. Bank Dunia alias World Bank memperkirakan, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2024 hanya berada pada angka 4,9%.

Senior Economist World Bank, Indira Maulani Hapsari mengatakan, faktor yang menyebabkan perekonomian Indonesia tidak mencapai level 5% adalah karena adanya harga komoditas yang mulai hilang sehingga mempengaruhi kinerja ekspor dan impor.

"Harga komoditas yang mulai menghilang yang kemarin-kemarin sudah terasa di growth yang cukup tinggi, jadi itu cukup mempengaruhi sektor eksternal kita, ekspor dan impor," ujar Indira dalam acara Economic Outlook 2024, Rabu (7/2).

Apalagi, kata Indira, pada tahun pemilu ini kinerja investasi Indonesia akan menunjukkan perlambatan. Namun, dirinya menyebut, perlambatan investasi ini tidak hanya dialami oleh Indonesia saja, melainkan negara-negara lain yang mengadakan pemilu juga mengalami hal serupa.

Baca Juga: Pendapatan Per Kapita Indonesia Tahun 2023 Meningkat, Kini Capai Rp 75 Juta

"Investasi itu juga diperkirakan akan sedikitĀ  melambat, jadi seperti biasa itu gak cuma di Indonesia tapi juga di negara-negara lain yang melakukan election," katanya.

Indira menambahkan, inflasi masih akan tetap terjaga dan kembali dalam target Bank Indonesia (BI). Namun, menurutnya, ruang moneter BI akan semakin sempit lantaran target inflasinya juga semakin kecil.

"Jadi kita melihat bagaimana kebijakan ini ke depannya untuk mem-balance antara menjaga shock dari adanya perekonomian global ini tapi juga pada saat yang sama berusaha membantu mensupport perekonomian untuk tetap tumbuh," tandas Indira.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×