kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Badan otorita untuk pemindahan ibu kota akan dibentuk akhir Januari 2020


Minggu, 05 Januari 2020 / 09:12 WIB
Badan otorita untuk pemindahan ibu kota akan dibentuk akhir Januari 2020
ILUSTRASI. Menteri PPN/Bappenas Suharso Monoarfa memberikan sambutan saat peresmian pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 di Istana Negara, Jakarta, Senin (16/12/2019). Ba

Sumber: Kompas.com | Editor: Wahyu Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas Suharso Monoarfa mengatakan, badan otorita untuk pemindahan ibu kota akan dibentuk pada akhir bulan Januari 2020.

"Pokoknya bulan ini, sampai tanggal 31, bulan ini. Tanggal 31 jam 12 malam bulan ini," kata Suharso di Kantor DPP PPP, Jalan Diponegoro, Sabtu (4/1). Suharso mengatakan, pembentukan badan otorita pemindahan ibu kota itu harus dibahas satu kali lagi bersama Presiden Joko Widodo.

"Karena itu kan banyak perpres yang harus di-endorse oleh beberapa kementerian. Tapi kalau dari tempat lain kan belum. Dan itu harus dibahas sekali lagi oleh Presiden," ujarnya.

Baca Juga: China, AS dan Jepang tawarkan bantuan merancang desain ibu kota baru? Begini faktanya

Lebih lanjut, ketika ditanya, sosok yang akan memimpin badan otorita pemindahan ibu kota, Suharso mengatakan, pemerintah belum membahas sosok yang akan memimpin badan otorita tersebut. "Ya belum lah, kita belum bicara sampai disana," kata dia.

Sebelumnya, pemerintah pusat akan membentuk badan otorita persiapan sebagai langkah awal pemerintah melakukan pembangunan ibu kota baru. Suharso mengatakan, pembentukan badan otorita tersebut akan dilakukan melalui penyusunan peraturan presiden (perpres).

Baca Juga: Anies jalin kerjasama dengan pihak-pihak ini untuk atasi dampak banjir di Jakarta

"Kami menginisiasi para pihak, stakeholder dalam penyusunan perpres badan otorita persiapan dan pembangunan, pemindahan ibu kota negara," katanya setelah rapat soal pemindahan ibu kota baru di Kantor Bappenas, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (15/11).

Dia mengatakan, badan otorita persiapan ini diperlukan karena dalam pembentukan ibu kota baru terdapat banyak isu, antara lain soal bagaimana daerah otonom yang akan terbentuk, daerah istimewa, hingga distrik pemerintahannya. "Ini kan harus ditentukan, didefinisikan," kata Suharso. (Haryanti Puspa Sari)
 
Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Badan Otorita untuk Pemindahan Ibu Kota Bakal Dibentuk Akhir Januari 2020.
 





Close [X]
×