kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45925,85   -14,39   -1.53%
  • EMAS915.000 -0,97%
  • RD.SAHAM -0.29%
  • RD.CAMPURAN -0.06%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.26%

Asosiasi rumah sakit swasta berharap klaim pelayanan Covid-19 dapat segera cair


Rabu, 27 Januari 2021 / 20:23 WIB
Asosiasi rumah sakit swasta berharap klaim pelayanan Covid-19 dapat segera cair
ILUSTRASI. Asosiasi rumah sakit swasta berharap klaim pelayanan Covid-19 dapat segera dibayarkan pemerintah.

Reporter: Ratih Waseso | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Kasus positif Covid-19 masih terus bertambah. Pemerintah pun menginstruksikan kepada rumah sakit (RS) untuk mengantisipasi lonjakan kasus dengan penambahan tempat tidur.

Sekretaris Jenderal Asosiasi Rumah Sakit Swasta Indonesia (ARSSI) Ichsan Hanafi menyampaikan, penambahan kapasitas ruang isoalasi atau ICU dapat terhambat jika cash flow keuangan RS mengalami kendala.

Sebab, penambahan ruangan isolasi dan ICU tentu membutuhkan instrumen lainnya seperti alat kesehatan, infrastruktur dan sumberdaya manusia (SDM).

"Kendala kami adalah kalau menambah tempat tidur ini tentunya butuh dana, butuh membuat infrastruktur, butuh alat kesehatan, butuh SDM-nya. Nah ini kan artinya kami berharap kendala ini bisa teratasi di rumah sakit dan untuk teratasinya ya pembayaran klaim bisa dipercepat," kata Ichsan saat dihubungi Kontan.co.id pada Rabu (27/1).

Baca Juga: Kasus corona tembus 1 juta, Jokowi minta karantina wilayah sampai RT/RW

Saat ini, Ichsan menyebutkan, RS terus berusaha menambah kapasitas tempat tidur untuk melayani pasien Covid-19. Ia juga mengimbau agar RS swasta dapat segera merealisasikan percepatan penambahan tempat tidur seperti yang diharapkan pemerintah.

Ichsan mengakui, masih ada klaim-klaim yang diajukan oleh RS rujukan Covid-19 yang belum terbayarkan. Namun jumlah pasti berapa besar klaim yang belum terbayarkan Ichsan belum dapat menyampaikan data pastinya.

"Kenyataannya dari bulan Oktober sampai sekarang masih banyak yang belum dibayar," kata Ichsan.

Namun, Ichsan menyebut, dari informasi yang didapatkan, Kementerian Kesehatan akan mempercepat proses pembayaran klaim. Keterlambatan pembayaran klaim atas layanan Covid-19 membuat penundaan pembayaran honor tenaga kesehatan yang bertugas di RS dan juga penundaan penambahan tempat tidur.

 

Selanjutnya: Kemenkes segera penuhi pembayaran klaim RS yang layani pasien Covid-19

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Panduan Cepat Peningkatan Produktifitas Panduan Cepat Menganalisa dan Merumuskan Strategi Bisnis

[X]
×